Kemajuan Teknologi Harus Diimbangi Ilmu Agama

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – ‎Kesuksesan dalam dunia pendidikan tidak bisa dipisahkan dari ilmu agama. Menyadari akan pentingnya hal itu SD Muhammadiyah Jogokariyan (Mujonta) berusaha menyeimbangkan ilmu agama dan materi akademik. Hal itu dilakukan untuk mempersiapkan lulusan yang tidak sekadar pandai secara akademik, tapi juga mencintai Alquran dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Kemajuan teknologi harus disikapi secara bijaksana. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh sekolah dan orangtua untuk membentengi anak dari pengaruh teknologi adalah membekali mereka dengan ilmu agama, serta mencintai Alquran.‎ Mendidik anak menjadi penghafal Alquran adalah suatu proses untuk menjaga, memelihara dan melestarikan kemurnian Alquran,”kata Plt Asisten Pemberdayaan Sumber Daya Masyarakat‎ Setda DIY, Aris Eko Nugroho dalam acara Akhirussanah dan Wisuda Tahfidz SD Muhammadiyah Jogokariyan di The Ratan Yogya, Senin (27/06/2022).

‎Dalam kesempatan itu Kepala SD Mujonta, Fika Widiana menyatakan, pandemi Covid-19 tidak dipungkiri menjadi tantangan tersendiri bagi sekolah untuk menghasilkan lulusan berkualitas dan berkarakter. Tapi dengan adanya dukungan dari banyak pihak SD Mujonta akhirnya bisa melewati semua tantangan tersebut. Karena tantangan dalam dunia pendidikan semakin kompleks siswa tidak hanya dibekali dengan ilmu akademik, tapi juga ilmu agama.

“Setiap anak memiliki bakat dan kemampuan yang berbeda-beda,kondisi itu menjadi tantangan bagi sekolah untuk bisa mengoptimalkan potensi tersebut. Tentunya untuk mewujudkan hal itu tidak mudah dan membutuhkan proses, disini sinergitas dari semua pihak menjadi penting,”terang Fika.

Sedangkan Wakil Ketua Majelis Dikdasmen PDM Kota Yogya‎ Drs Sukemi Tirta ‎menyatakan,keberhasilan yang diraih Mujonta tidak boleh menjadikan cepat berpuas diri, tapi harus menjadi motivasi untuk terus berprestasi dan memberikan karya terbaik. Dengan begitu sekolah dan guru akan termotivasi untuk meningkatkan kualitas diri serta memberikan layanan terbaik bagi siswa. (Ria)

BERITA REKOMENDASI