Kemampuan yang Harus Dimiliki Penulis Menurut Habiburrahman El-Shirazy

YOGYA, KRJOGJA.com – Penulis novel Ayat-Ayat Cinta, Habiburrahman El-Shirazy mengatakan bahwa kemampuan intuitif sangat penting bagi penulis dalam proses kreatifnya. Kemampuan itu memberikan kelebihan pada penulis untuk meraba lebih jauh karya yang akan dituliskan dan memberikan nilai lebih pada karya yang dihasilkan.
 
Hal tersebut ia sampaikan saat mengisi acara Studium Generale di Auditorium Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada, Senin (5/2/2018). Acara yang mengusung tema ‘ Proses Kreatif-Intutif dalam Dunia Kepenulisan’ diikuti mahasiswa di Yogyakarta.
 
Baca Juga : 
 
Habiburrahman menekankan bagaimana  dalam setiap proses karyanya selalu menggunakan intuisi. Harapanya, mahasiswa yang hadir juga bisa mengembangkan intuisinya dalam proses kreatif menulis.
 
Selain intuisi, Habiburrahman juga berpesan agar selalu mematangkan konsep ide sebelum mulai menulis. “Pertama, matangkan dulu konsepnya, selanjutnya kembangkan intuisi agar jalan cerita semakin sempurna,” jelasnya.
 
Sejak acara dimulai pada 13.30 WIB antusiasme peserta terlihat dari penuhnya ruangan hingga sebagian peserta tidak mendapat tempat duduk. Salah satu peserta, Yoga Hermawan(19)  dari Universitas Ahmad Dahlan mengungkapkan sangat mendalami karya-karya Habiburrahman El-Shirazy.
 
“Saya memang suka karyanya, pada kesempatan ini saya juga menyadari bahwa kemampuan intuisi seorang menjadi sangat penting agar karya yang dibuatnya menjadi bisa dihayati pembaca,” ungkap Yoga usai acara tersebut.(Hammam Izzudin)
 

BERITA REKOMENDASI