Kemenkum HAM Tinjau Kesiapan Partai Solidaritas Indonesia

Yogya, (KRJogja.com) – Kementerian Hukum dan HAM melakukan verifikasi faktual di Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Jum'at (19/08). Langkah ini merupakan syarat bagi PSI untuk mendapatkan legalitas hukum agar bisa berdiri menjadi partai resmi dan bisa ikut serta dalam pemilu 2019 mendatang.

Pada proses verifikasi ini, tim dari Kemenhukam memeriksa kelengkapan fasilitas data yang diajukan oleh PSI sejak tanggal 1-15 Agustus kemarin. "Kita mengecek kelengkapannya, biar nanti bisa disahkan oleh Menteri Hukum dan HAM", ungkap Ketua Tim Verifikasi, Agus Riyanto.

Latarbelakang PSI sendiri merupakan partai yang berdiri atas inisisasi golongan muda yang resah dengan keadaan politik dan masyarakat saat ini. Dengan terbentuknya PSI ini, para kader berharap partai ini bisa menjadi mobilitas bagi golongan muda untuk ikut berpartisipasi dalam bidang politik.

Di Yogyakarta sendiri, PSI sudah menaungi 5 kabupaten dan 75% kecamatan yang meliputi 5 kabupaten tersebut. "Dengan adanya proses verifikasi ini dan kesiapan dari masing-masing cabang di DIY, kita tentunya sudah mempersiapkan beberapa program partai", jelas Ketua DPW PSI, Jirhas Ranie Artika.

Setelah nantinya menjadi partai, Ranie mengatakan PSI akan bergerak di kalangan golongan muda serta menggiatkan hak-hak perempuan. Untuk saat ini, PSI wilayah Yogya akan mempersiapkan data-data kelengkapan untuk langkah selanjutnya. Terutama persiapan ketika masuk pada tahap verifikasi di KPU. "Setelah nanti resmi, program kita akan berkaitan dengan golongan muda", tambah Ranie. (Muhammad Akbar Samudra)

BERITA REKOMENDASI