Kemenkumham Cek Kelayakan LP Wirogunan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – Dirjen Perundang-undangan Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Widodo Eka Tjahyana melakukan pengecekan fasilitas warga binaan di LP Kelas II A Wirogunan Yogyakarta, Jumat (23/09/2016). Kemenkumham membawa misi khusus untuk melihat kondisi riil di lapangan dalam rangka perumusan RUU Pemasyarakatan.

Widodo mengaku sengaja turun ke lapangan untuk melihat langsung kondisi para warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan. Menurutnya hak-hak warga binaan di dalam LP wajib diperhatikan sesuai dengan amanat undang-undang.

"Kita ingin lihat langsung dan memastikan semua hak napi sudah dilaksanakan sebaik-baiknya sesuai perintah undang-undang pemasyarakatan. Kita juga ingin lihat bagaimana tata kelola menyangkut penegakan aturan," terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Widodo juga sempat melakukan tanya jawab dengan satu warga binaan Wirogunan yang merupakan terpidana mati kasus narkoba, Mary Jane Fiesta Veloso. Bahkan, Mary sempat menyanyikan lagu Indonesia Raya sembari meneteskan air mata lantaran ia sangat ingin kembali ke Filipina.

"Mary Jane tadi saya tanya, apakah haknya sudah terpenuhi, dia jawab semua sudah terpenuhi dengan baik. Kami tetap akan lakukan kajian dan menutup kelemahan-kelemahan tata kelola lembaga pemasyarakatan, sudah kita lakukan sejak 2 bulan lalu di beberapa lokasi lainnya," imbuhnya.

Seluruh blok tahanan di LP Wirogunan pun tak luput dari pengecekan pihak Kemenkumham tersebut tak terkecuali blok koruptor dan tahanan wanita. Tak sedikit tahanan yang kaget lantaran sebelumnya tak ada pemberitahuan akan adanya pengecekan tersebut. (Fxh)

 

 

BERITA REKOMENDASI