Kemenkumham DIY Bantah Kekerasan Warga Binaan di LP Narkotika

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DIY bergerak cepat menerjunkan tim investigasi ke Lapas Narkotika Kelas IIA Yogyakarta. Investigasi dilakukan merespon aduan tindakan tak manusiawi yang dilakukan kepada warga binaan.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DIY, Budi Argap Situngkir, mengatakan sejak semalam pihaknya sudah melakukan investigasi secara internal. Budi nenyatakan tidak akan mentolerir petugas yang melakukan pelanggaran.

Meski demikian, Budi menjelaskan bahwa seorang warga binaan yang melaporkan dugaan tindakan tak manusiawi yang dilakukan petugas Lapas kepada Ombudsman RI Perwakilan DIY, Vincentius Arupadhatu, saat ini tengah menjalani program Cuti Bersyarat (CB) dan masih dalam Pembimbingan dari Balai Pemasyarakatan. Budi menegaskan apa yang disampaikan warga binaan tersebut tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan.

“Kami pastikan apa yang disampaikan oleh Saudara Vincent, WBP yang sedang menjalani Cuti Bersyarat, adalah tidak benar. Yang benar adalah bahwa Lapas ini melaksanakan sesuai dengan SOP,” tegasnya melalui pernyataan tertulis, Selasa (2/11/2021).

Budi berjanji pihaknya akan terbuka dan melaksanakan investigasi untuk mencari fakta yang sebenarnya termasuk apabila benar ada petugas yang melakukan pelanggaran. Kemenkumham DIY siap menerapkan sanksi tegas pada petugas yang terlibat.

“Kalau ini benar memang ada perlakuan-perlakuan (yang tidak wajar), kami janji akan tindak dengan tegas, tidak ada toleransi. Kami berjanji, petugas yang melakukan penganiayaan pasti kami tindak. Saya selaku Kepala Kantor Wilayah pasti melakukan tindakan tegas terhadap hal ini, tidak mentolerir perlakuan-perlakuan demikian,” tegasnya.

BERITA REKOMENDASI