Kemenparekraf RI Akan Wujudkan Data Tunggal Pariwisata

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI sedang berupaya mewujudkan sebuah data tunggal tentang pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. Data tunggal tersebut mengintegrasikan data mulai skala mikro di daerah hingga skala nasional.

Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Kemenparekraf, Bonifasius Wahyu Pudjianto mengatakan, data tentang pariwisata dan ekonomi kreatif saat ini sangat banyak, namun belum terintegrasi menjadi satu. Seperti data jumlah kunjungan wisatawan mancanegara, wisatawan domestik, jumlah pelaku wisata berikut skala usahanya dan masih banyak lagi.

“Kemenparekraf belum punya data tunggal tentang pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia, oleh karena itu kami ingin mewujudkannya,” terang Boni di sela Focus Group Discussion (FGD) bertema ‘Koordinasi dan Sinkronisasi Data, Destinasi Super Prioritas (DSP) Borobudur di Hyatt Regency Yogyakarta, Jumat (6/11/2020). FGD diselenggarakan oleh Kemenparekraf RI.

Menurut Boni, keberadaan data tunggal yang telah disepakati bersama sangat penting dalam mendukung proses pengambilan keputusan secara cepat dan tepat. Selain itu dengan adanya data tunggal maka perubahan-perubahan yang terjadi di lapangan dapat terdeteksi dengan cepat, sehingga bisa segera dicari solusinya.

BERITA REKOMENDASI