Kementerian Perhubungan Gelar Vaksinasi di GSP UGM

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRjogja.com – Dalam rangka Hari Perhubungan Nasional, Kementerian Perhubungan bekerja sama TNI, Polri, UGM, KAGAMA dan sejumlah BUMN menggelar vaksinasi massal bertajuk ‘Bakti untuk Negeri’. Di DIY, vaksinasi ‘Bakti untuk Negeri’ digelar dua hari. Hari pertama di Graha Sabha Pramana (GSP) UGM, Jumat (17/9) dan hari kedua di Kabupaten Bantul, Sabtu (18/9). Total jumlah vaksin yang diberikan di DIY sebanyak 23.000 dosis vaksin.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau langsung jalannya vaksinasi di GSP UGM didampingi antara lain Anggota Komisi III DPR RI (Fraksi PDI Perjuangan) Drs HM Idham Samawi, Rektor UGM Prof Ir Panut Mulyono MEng DEng IPU ASEAN Eng, Kepala Korlantas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Istiono dan Ketua Kagama DIY Gatot Saptadi. Disela vaksinasi dilakukan penyerahan sembako dan buah nusantara.

Budi Karya juga menyempatkan menyapa tenaga kesehatan di berbagai Puskesmas penyelenggara vaksinasi melalui sambungan video. Ia memberikan apresiasi kepada para tenaga kesehatan yang terlibat dalam upaya-upaya penanganan pandemi. “Kita ingin Hari Perhubungan Nasional mempunyai arti bagi masyarakat, tidak sekadar hari yang berlalu begitu saja. Kita ingin bergerak mengharmoniskan Indonesia,” ucap Menhub.

Terkait vaksinasi ‘Bakti untuk Negeri’ yang secara khusus diselenggarakan di Bantul, menurut Menhub, itu dilakukan untuk mengurangi disparitas tingkat vaksinasi di kota dengan kabupaten di sekitarnya. “Antara Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul perbedaannya 40 persen, ini yang harus kita kejar. Kita lakukan di tujuh titik sentral dan didistribusikan ke banyak puskesmas agar tidak terjadi kerumunan,” imbuhnya.

Idham Samawi mewakili masyarakat DIY mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan yang telah menyelenggarakan vaksinasi massal bagi warga DIY. Apalagi DIY berencana akan memulai pembelajaran tatap muka di berbagai sekolah dan perguruan tinggi, dalam waktu dekat. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan tingkat vaksinasi di DIY menuju tercapainya herd immunity. “Sekali lagi saya mengucapkan ‘matur nuwun’ kepada bapak Menhub dan jajaran,” kata Idham.

BERITA REKOMENDASI