Kenakan Pakaian Jawa, Komunitas Onthel Gelar Upacara

YOGYA (KRjogja.com) – Puluhan orang berpakaian Jawa tampak berkumpul di pelataran Bentara Budaya Yogyakarta, Rabu (17/8/2016) pagi. Orang-orang yang ternyata merupakan anggota Paguyuban Onthel Jogja menggelar upacara bendera memperingati HUT ke-71 Republik Indonesia.

Uniknya, seluruh prosesi dalam upacara tersebut menggunakan Bahasa Jawa sesuai tema yang diusung yakni menggunakan pakaian adat Jawa. Beberapa wisatawan asing pun tampak antusias menyaksikan tahapan demi tahapan mulai dari menaikkan bendera Merah Putih hingga pembacaan teks UUD 45 dan Pancasila.

Muntowil, ketua komunitas tersebut mengatakan sengaja mengenakan pakaian Jawa untuk mengenalkan budaya Jawa pada masyarakat luas terlebih di momen kemerdekaan di mana peran Yogyakarta tak bisa dikesampingkan. Sedianya upacara tersebut dilaksanakan di pelataran Taman Sari namun karena terkendala perizinan akhirnya mereka harus berpindah ke Bentara Budaya.

"Kita sebenarnya ingin angkat Taman Sari agar semakin dikenal luas oleh masyarakat baik di Indonesia maupun luar negeri, kami laksanakan upacara dengan pakaian adat di sana. Tapi ternyata kami terkendala izin dan harus pindah ke lokasi baru ini," ungkapnya.

Namun demikian, komunitas yang kini punya anggota ratusan orang ini tak surut semangat. "Upacara dengan Bahasa Jawa tadi dilaksanakan dengan khidmat, terpenting kami memaknai Hari Kemerdekaan," imbuhnya. Usai melaksanakan upacara, komunitas tersebut langsung menggenjot sepeda tuanya berkeliling kota Yogyakarta. Mereka membawa pesan budaya dan semangat kemerdekaan. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI