Kenalkan Food for Beauty and Wellness dalam Serial Webinar FTP Ke-12

Dalam webinar ini, Meiliana menjelaskan bagaimana makan yang tepat dilihat dari segi porsi dan juga keberagaman makanan yang dikonsumsi.

“Sejak masa remaja, bahkan sejak kecil, kita sebenarnya perlu makan makanan yang tepat. Di Indonesia, sebenarnya kita sudah punya Pedoman Gizi Seimbang. Di dalam pedoman ini, ada alat yang mempermudah kita bisa makan makanan yang tepat, namanya Piring Makanku. Di sini ada gambar-gambar golongan bahan pangan beserta proporsinya dalam satu piring. Misalnya untuk makanan pokok, sayur-sayuran, buah-buahan, dan lauk-pauk,” terang Meiliana.

 

Buah-buahan dan sayuran menempati separuh dari piring kita. Sedangkan makanan pokok, seperti nasi, mengambil tempat sedikit lebih dari seperempat piring atau sekitar 30-35% dari piring, dan sisanya adalah lauk-pauk sumber protein. Tiap golongan bahan makanan juga bisa beragam. Misalnya makanan pokok tidak hanya bisa diisi nasi tetapi juga bisa juga diisi dengan roti, kentang, mie, jagung, singkong atau ketela. Pedoman ini mudah sekali membantu kita supaya dalam satu kali makan kita tahu tepatnya seperti apa, tambahnya.

 

Prinsip dari Pedoman Gizi Seimbang ada tiga yaitu seimbang, moderat atau cukup dalam hal porsi, dan variatif dalam bahan makanan yang kita konsumsi. Harapannya dengan mengikuti tiga prinsip ini, masyarakat bisa makan makanan dengan tepat.

 

Sementara itu, Listiyani yang bergerak di bidang healthy catering juga membagikan tips dalam mengolah makanan katering yang sehat. “Dalam membuat healthy catering, sebenarnya dasarnya sangat mudah. Acuannya adalah makanan yang biasa kita makan. Misalnya nasi opor yang mungkin identik dengan lemak tinggi, banyak santan, dan tidak ada sayurnya tetapi kali ini diolah dengan cara mengurangi santan dan ditambahkan sayuran. Jadi prinsipnya adalah membuat suatu menu yang biasa kita makan sehari-hari tetapi kita olah dengan lebih sehat,” ungkap Listiyani.

 

Masih terkait Food for Beauty and Wellness, Dea N Hendriyanti STP MS selaku Sekretaris Program Studi S-1 FTP Unika yang juga ketua satuan tugas pembentukan kurikulum Food for Beauty and Wellness juga mengenalkan program baru di FTP Unika yakni Food for Beauty and Wellness yang akan dibuka di tahun ajaran 2021/2022 di kampus dua Unika, Innovative Program Cluster di BSB City, Semarang. (sgi)

 

 

 

 

 

BERITA REKOMENDASI