Kenalkan Tagar #AndaTidakSendiri, BPR MSA Bantu UMKM Bangkit

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – PT BPR Madani Sejahtera Abadi (MSA) memperkenalkan tagar #AndaTidakSendiri, Rabu (19/08/2020) petang. Gerakan tersebut diinisiasi untuk membantu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk bangkit di masa pandemi Covid-19.

Direktur BPR MSA, Y Tri Agung Pujiantoro mengatakan tagar AndaTidakSendiri muncul setelah pihaknya melihat perkembangan di masa pandemi yang membuat banyak sektor terpukul. UMKM sabagai mayoritas nasabah pun terdampak kuat yang kemudian membuat MSA berinovasi mencari jalan keluar.

“Kami berpikir, berusaha menemani UMKM dan seluruh nasabah bangkit di masa pandemi. Restrukturisasi kredit sudah sesuai peraturan OJK, tapi kami merasa perlu untuk berbuat lebih, hingga akhirnya tercetuslah tagar AndaTidakSendiri,” ungkapnya pada wartawan usai peluncuran di kantor BPR MSA.

Tri Agung menjelaskan timnya membuat marketplace penghubung antara UMKM dengan pembeli yang saat ini sifatnya mewadahi secara internal. Namun nantinya, marketplace berbentu website MitraBPRMSA.com tersebut diharapkan bisa menjangkau lebih luas pasar yang akan membantu UMKM bangkit.

“Ada lebih kurang 1400 UMKM nasabah kami dan 60 persennya terdampak pandemi. Mayoritas nasabah kami itu. Namun begitu, kami melihat tren baik satu dua bulan terakhir di mana UMKM kembali tumbuh bangkit, dibuktikan dengan kredit modal kerja yang diakses 90 UMKM dengan total nilai Rp 4 miliar. Kami coba bantu mengembangkan pasar juga, agar mereka merasa tidak sendirian,” ungkapnya lagi.

Sementara seniman Kelik Pelipurlara yang juga salah satu nasabah BPR MSA menyambut baik adanya upaya membantu pengembangan UMKM melalui gerakan yang digaungkan AndaTidakSendiri. Kelik merasakan betul sulitnya bergerak di masa pandemi yang membuat orang merasa takut dan khawatir.

“Kelihatan bagaimana perhatian bank ini pada UMKM karena memang masa pandemi ini semua mengalami kesulitan luar biasa. Kalau saya bilang ini anti sendiri, tidak mau sendirian yang saya lihat baru dilakukan ini oleh perbankan. Saya mengapresiasi sebagai nasabah,” ungkap seniman yang baru meluncurkan buku Speakgerrman Stop Stres ini. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI