Kendaraan Bermuatan Lebih Terjaring Razia

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bantul menjaring 21 truk  melanggar tonase. Armada itu selanjutnya diberi surat bukti pelanggaran untuk mengikuti sidang di Pengadilan Negeri (PN) Bantul. Operasi gabungan itu melibatkan petugas dari kepolisian, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja.

"Operasi ini kami lakukan untuk memantau muatan truk atau armada yang melintasi ruas, karena selama ini setiap diadakan pemeriksaan pelanggaran paling banyak soal kelebihan muatan," ujar Kepala Seksi Kepala Seksi Manajemen Rekayasa Lalulintas Dishub Bantul, Muhammad Agung Kurniawan disela memimpin operasi di Jalan Parangtiris Druwo Sewon Bantul, Selasa (15/05/2018).

Agung mengatakan dalam operasi ini setiap armada diwajibkan melakukan timbang kendaraan untuk mengetahui tonase. Dijelaskan program tersebut merupakan upaya cipta kondisi menjelang Ramadan.

Sementara itu Kasi Dal Ops Dinas Perhubungan Bantul, Sapto Wijanarko mengatakan, operasi tersebut digelar untuk menciptakan keamanan dan ketertiban berlalu lintas menjelang Ramadan. Selain membidik kendaraan bermuatan melebihi tonase, petugas juga melakukan penindakan terhadap kendaraan yang telat melakukan pengujian KIR.

“Penindakan juga menyasar mobil angkutan yang digunakan untuk mengangkut manusia. Dimensi ketinggian muatan pun juga menjadi fokus petugas gabungan tersebut,” jelasnya. (Roy)

BERITA REKOMENDASI