Kepala BPIP RI: Pentingnya Menjaga Harmoni Kebangsaan

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof Yudian Wahyudi menekankan pentingnya menjaga harmoni dalam praktik kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hal tersebut disampaikan mantan Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta itu dalam keterangannya, Senin (1/11). Kajian tersebut juga sempat disampaikan Prof Yudian pada Studium Generale yang digelar bersamaan Dies Natalis dan Penandatanganan MoU BPIP RI dan UNU Kalimantan Selatan, Sabtu (30/10).

“Oleh karena itu jangan pesimis untuk membaca Indonesia. Tentu ada problem. Tapi dengan pondasi yang kuat, bangsa ini punya modal terbaik di dunia untuk maju. Hal itu yang disebut sebagai transfer harmoni. Harmoni antara Pancasila, agama, suku dan tradisi,” tegas Prof Yudian.

Guru Besar UIN Sunan Kalijaga yang pernah mengajar di Harvard University itu juga menjelaskan pentingnya menjaga bangsa ini. Salah satunya dengan menumbuhkan sikap optimisme bahwa Indonesia mempunyai modal besar dalam membangun peradaban dunia.

BPIP RI juga melakukan penandatanganan MoU dengan UNU Kalimantan Selatan mengenai Pelaksanaan Pembinaaan Ideologi Pancasila melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi. Harapannya dengan Pembinaan Ideologi Pancasila, khususunya bagi mahasiswa, dosen dan masyarakat dapat mengaktualisasikan nilai Pancasila pada kehidupan sehari-hari melalui peran UNU yang sangat strategis dalam pengarusutamaan Pancasila. (Feb)

 

BERITA REKOMENDASI