Kepala SMPN 4 Depok Terbukti Bocorkan Soal ASPD Matematika, Ini Kronologinya

Editor: KRjogja/Gus

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY, Didik Wardoyo menegaskan bawasanya kebocoran soal ASPD hanya terjadi secara lokal di SMPN 4 Depok. Hal tersebut dikarenakan keteledoran kepala sekolah dan guru yang dipastikan tidak mengganggu validitas penyelenggaraan ASPD DIY.

“Secara keseluruhan ASPD masih memiliki validitas tinggi dan dapat dipertanggungjawabkan sebagai alat ukur dan pemetaan pencapaian hasil belajar khususnya untuk siswa kelas akhir. Ini digunakan untuk perbaikan pembelajaran kelas akhir untuk tahun mendatang dan bagi kami jadi alat seleksi PPDB. Kami pastikan kebocoran kemarin juga hanya terjadi di SMP N 4 Depok, secara lokal,” tandas dia.

Sementara, Ery Widaryana, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, mengaku pihaknya akan membentuk tim ad hock untuk menyimpulkan dan memutuskan terkait permasalahan ini. Kini pihaknya masih menunggu rekomendasi tertulis kesimpulan investigasi dari TPF.

“Kita menanti dulu sambil membentuk tim Ad Hock beranggotakan instansi terkait di pemerintahan. Kalau harus non aktif, kita lakukan sampai ada rekomendasi akhir seperti apa. Kita melihat perkembangan kedepan, ini kan baru awal dan nanti laporan rekomendasi akhir setelah selesai,” pungkasnya. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI