Keren! 4 Bulan, MAN 1 Yogyakarta Raih 212 Penghargaan

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Yogyakarta meraih 212 penghargaan tingkat lokal, nasional dan internasional pada periode Juni-Oktober 2021 atau hanya dalam rentang waktu 5 bulan. Capaian membanggakan ini membuktikan bahwa, MAN 1 Yogya tetap produktif dan berprestasi meski kondisi sedang pandemi Covid-19.

Kepala MAN 1 Yogyakarta, Drs Wiranto Prasetyahadi MPd mengatakan, siswa-siswi MAN 1 Yogya meraih prestasi di banyak bidang kompetisi, dengan unggulan di bidang robotik, riset serta moderasi beragama. Pretasi tingkat internasional bergengsi antara lain diraih Ajeng Purwaniaratih Puspitaningrum, siswi Kelas XI Jurusan Bahasa dan Budaya yang berhasil menjuarai Kejuaraan RoboCup Asia-Pasific 2021, Kategori Super Team U-19 di Tianjin China pada 31 Maret-29 Mei 2021.

Di bidang riset, Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) Siswa MAN 1 Yogya meraih medali perak tingkat internasional dalam World Youth Invention and Innovation Award( WYIIA) pada Agustus 2021. Tim melakukan inovasi yaitu membuat alat kompres elektrik yang dapat meredakan demam pada suhu tubuh manusia. Sedangkan di bidang moderasi beragama, Karang Jimbaran Setyatrisila, siswa kelas X MAN 1 Yogya berhasil menjadi juara di ajang Conference Of Young Social Scientists (ICYSS) 2021 yang dihelat secara online berpusat di Belgrade, Serbia pada Juni 2021 lalu. Karang Jimbaran meneliti tentang kerukunan umat beragama di kampung halamannya Karangasem, Bali.

Menurut Wiranto, sebagai penyelenggara pendidikan, MAN 1 Yogya memfasilitasi peserta didik untuk asah talenta, bakat, minat yang dimiliki baik akademik maupun non akdemik. Dengan begitu siswa mampu berprestasi tiada henti, cerdas dan islami seperti brand yang telah dicanangkan. “Dengan visi Unggul, Ilmiah, Amaliyah, Ibadah dan Bertanggungjawab (Ulil Albab) terwujudnya lulusan madrasah yang unggul di bidang iman, taqwa (imtaq) dan iptek, berfikir ilmiah, mampu mengamalkan ajaran agama, tekun beribadah, bertanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat dan pelestarian lingkungan,” kata Wiranto didampingi Waka Bidang Kesiswaan Soeprastiyono N SPd MPdI kepada KRJOGJA.com, Selasa (19/10/2021).

Lebih lanjut Wiranto menuturkan, MAN 1 Yogya juga terus memotivasi, mendorong, memfasilitasi, dan melaksanakan proses pendidikan dan pengajaran secara efektif dan efisien, agar siswa dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki. Kemudian menumbuhkan semangat juang menjadi yang terbaik kepada siswa di bidang akademik dan nonakademik. Mempersiapkan dan menfasilitasi siswa untuk studi lanjut ke perguruan tinggi serta menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam berkehidupan. “Diharapkan mereka menjadi lulusan yang kompetitif dan berpribadi tangguh,” katanya. (Dev)

 

BERITA REKOMENDASI