Keren! Cerutu Tarumartani Diekspor ke Amerika dan Jepang

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRjogja.com – PT Tarumartani melakukan ekspor hasil tembakau berupa cerutu sebanyak 29.963 batang dan Tembakau Iris (TIS) sebanyak 165,6 kilogram dengan nilai devisa kurang lebih 8601 USD atau sekitar Rp 125 juta.

Kepala Kantor Bea Cukai Yogya, Hengky Aritonang mengatakan pihaknya memfasilitasi PT Tarumartani dalam melaksanakan eksportasi hasil produksinya ke Amerika Serikat (US) dan Jepang pada 6 dan 9 April 2021.

Pemeriksa Bea Cukai Pertama Bejo Seno Nugroho, serta Pelaksana pada Seksi PKC II, Yudha dan Chorida, melakukan pemeriksaan dan penyegelan cerutu hasil produksi PT Tarumartani yang akan dilakukan eksportasi di lokasi pabrik PT Tarumartani.

“Kegiatan ini dilakukan dalam rangka tindak lanjut atas dokumen Pemberitahuan Mutasi Barang Kena Cukai (PMBKC) yang diajukan oleh PT Tarumartani,” ungkapnya, Jumat (23/4) seperti dikutip dari harianmerapi.com.

Dokumen PMBKC atau biasa disebut dokumen CK-5 merupakan salah satu dokumen cukai yang digunakan sebagai dokumen pelindung pengangkutan barang kena cukai yang belum dilunasi cukainya, baik dalam keadaan telah dikemas dalam kemasan untuk penjualan eceran maupun dalam keadaan curah atau dikemas dalam kemasan bukan untuk penjualan eceran.

Dokumen CK-5 ini digunakan sebagai dokumen pelindung pengangkutan Hasil Tembakau dari PT Tarumartani menuju Bea Cukai Soekarno Hatta yang merupakan tempat pemberangkatan eksportasinya.

“Dokumen CK-5 diperlukan karena hasil produksi yang diekspor ini belum dilekati pita cukai,” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI