Kesadaran Masyarakat Terapkan Protokol Kesehatan Mulai Tumbuh

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Tim gabungan dari Sat Pol PP, Kepolisian, TNI serta jajaran terkait lainnya menggelar Operasi Yustisi di kawasan Malioboro Yogyakarta, Senin (09/11/2020). Dalam operasi ini petugas lebih mengedepankan tindakan persuasif dengan memberikan imbauan serta ajakan kepada masyatakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Semakin hari kesadaran masyarakat mulai tumbuh untuk menerapkan protokol kesehatan. Tercatat tiap hari angka pelangaran selalu menurun, bahkan sering ditemui sama sekali tidak terjadi pelanggaran,” ungkap Kasubag Humas Polresta Yogyakarta, AKP Sartono di ruang kerjanya.

Ia menegaskan peran Kep0lisian sesuai Operasi Aman Nusa yakni melakukan tindakan preemtif dan preventif. Sedangkan untuk penindakan hal itu menjadi kewenangan dari pemerintah daerah melalui Sat Pol PP.

“Melaksanakan kegiatan pendisiplinan masyarakat dengan memberikan imbauan agar selalu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak serta menghindari kerumunan. Hal ini tak lain bertujuan guna memutus penyebaran Covid-19,” tegasnya.

Sartono menegaskan kegiatan ini menyasar lokasi-lokasi yang menjadi pusat keramaian masyarakat seperti kawasan Malioboro, terminal, stasiun dan beberapa titik lainnya. Ia mengungkapkan sejauh ini tingkat kepatuhan masyarakat Yogya cukup tinggi dalam menjalankan protokol kesehatan.

Sartono berharap pola hidup seperti ini terus dilakukan masyarakat dalam menjalani adaptasi kebiasaan baru. Kesadaran harus lahir dari diri sendiri, karena dengan itu berarti seseorang telah menyelamatkan dirinya sendiri, keluarga dan masyatakat sekitarnya dari bahaya Corona. (Van)

BERITA REKOMENDASI