Keselamatan Pasien Jadi Prioritas Saat Bencana Datang

YOGYA (KRjogja.com) – Menjadi pelayan masyarakat di rumah sakit, wajib juga memiliki ketrampilan menghadapi dan menanggulangi bencana. Dengan ketrampilan dan kesiapsiagaan, maka penyelamatan pasien bisa maksimal.

Komitmen itu terus dipegang para petugas kesehatan Rumah Sakit Mata "Dr YAP" Yogyakarta. Mereka secara rutin menjalani pelatihan atau simulasi pencegahan bencana seperti gempa bumi, kebakaran dan banjir. Selain itu para medis dilatih memberikan pertolongan pertama kepada pasien atau keluarganya bila mengalami gangguan kesehatan secara mendadak.

"Kami menyelenggarakan simulasi penanggulangan bencana khususnya kebakaran rutin setahun sekali tiap memasuki Oktober. Pelatihan ini atas kerjasama dengan salah satu tim rescue untuk memberikan bekal kepada seluruh karyawan RS Mata Dr YAP. Ketika benar-benar terjadi bencana kebakaran, para karyawan bisa dengan tenang mengatasi. Dengan memiliki kesiapan fisik dan mental saat bencana, maka keselamatan pasien bisa diutamakan," ujar dr Muhammad Brian Ristianto, Ketua Komite Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Rumah Sakit Mata 'Dr YAP' Yogyakarta di sela simulasi kebakaran, Minggu (2/10/2016).

Ditambahkah Humas RS Mata 'Dr YAP' Khrisna P Atmaji, bagi karyawan, pelatihan ini sangat bermanfaat, baik untuk diri sendiri maupun pasien. Ketrampilan yang dimiliki karyawan dan petugas kesehatan dalam menghadapi bencana, sejatinya untuk peningkatan mutu layanan rumah sakit.

"Karyawan memiliki respon yang cepat bila terjadi hal-hal tak diinginkan. Tentu respon itu untuk mengutamakan keselamatan pasien. Jadi keselamatan pasienlah yang dipentingkan," kata Khrisna. (Aya)

 

BERITA REKOMENDASI