Ketersediaan Bahan Pokok Cukup Hadapi Libur Natal dan Tahun Baru

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Harga telur ayam ras dan daging ayam broiler di beberapa pasar tradisional DIY mengalami kenaikan di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) pada pertengahan Desember 2020 ini. Kenaikan kedua komoditas bahan pokok pangan (bapok) tersebut dipicu meningkatnya permintaan konsumen yang cukup tinggi jelang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru).

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY Yanto Apriyanto mengatakan berkaitan dengan harga telur ayam ras dan daging ayam broiler yang mengalami kenaikan diatas harga HET pemicunya permintaan konsumen cukup tinggi menjelang Nataru. Lonjakan permintaan konsumen tersebut juga dipicu seiring banyaknya perhelatan atau hajatan sehingga ikut mendongkrak permintaan katering.

“Harga telur ayam ras naik dari Rp 27.500 menjadi Rp 27.700/Kg yang di atas HET sebesar Rp 24.000/Kg dan daging ayam ras naik dari Rp 35.000 menjadi Rp 35.700/Kg yang melebihi harga acuan Rp 24.000/Kg,” ujar Yanto kepada KRJOGJA.com di Yogyakarta, Rabu (16/12).

Yanto menuturkan kenaikan pun dialami komoditi minyak goreng sawit curah daro Rp 13.300 menjadi Rp 13.500/liter seiring kenaikan harga minyak mentah dunia. Selain itu, harga komoditas cabai dan bawang merah juga masih mengalami fluktuasi karena musim penghujan.

“Harga cabai merah keriting mencapai Rp 43.000/Kg, cabai merah besar Rp 68.300/Kg, cabai rawit hijau Rp 31.000/Kg, cabai rawit merah Rp 41.300/Kg dan bawang merah Rp 28.700/Kg,” imbuhnya.

Sementara itu, Yanto menyampaikan harga komoditi bapok pangan lainnya relatif cukup stabil dialami komoditi beras, gula pasir, tepung terigu, daging sapi dan bawang putih. Secara umum untuk ketersediaan bapok pangan di DIY mencukupi dan tersedia di pasaran untuk menghadapi kebutuhan masyarakat jelang Nataru.

“Kami telah melakukan pengecekan ke beberapa distributor dan toko swalayan dalam rangka ketersedian bapok menjelang Nataru. Kondisi ketersediaan stoknya di lapangan dalam ksangat mencukupi baik untuk gula pasir, daging ayam , telur ayam, daging sapi dan beras. Harga bapok secara umum juga relatif stabil,” pungkasnya. (Ira)

BERITA REKOMENDASI