Ketua DPRD DIY Ingatkan Peran Pers Sebagai Pilar Demokrasi

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pers menjadi salah satu pilar kekuatan demokrasi. Pers memiliki fungsi strategis, sebab melalui pengelolaan informasi yang baik dan dipertanggujawabkan maka pers dapat melakukan pencerahan maupun pendidikan kepada publik. Hal tersebut ditegaskan Ketua DPRD DIY Nuryadi atas diperingatinya Hari Pers Nasional (HPN) yang jatuh pada Selasa (09/02/2021).

“Selamat Hari Pers Nasional, Ketua DPRD DIY dan Seluruh Anggota DPRD DIY berterimakasih kepada seluruh insan pers atas peransertanya sebagai aksekator perubahan,” kata Nuryadi.

Selain itu pers menurut Nuryadi sudah semestinya menjaga marwah demokrasi yang salah satunya melakukan controlling yang konstruktif dan membangun. Adapun merespons peran pers ditengah masa pandemi yang telah berlangsung setahun terakhir ini, Nuryadi mengatakan peran pers sangat penting di tengah kondisi pagebluk Covid-19.

Menurutnya, banyak bermunculan kabar atau informasi hoaks terutama di media sosial. Sehingga peran wartawan sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk mendapatkan informasi yang benar, cepat, dan akurat. “Tugas wartawan salah satunya adalah untuk menekan dan melawan kabar hoaks. Memberikan informasi yang benar, cepat, dan akurat kepada masyarakat,” katanya. (Van)

BERITA REKOMENDASI