Ketua Pemuda Pancasila DIY Berharap Sultan Segera Cairkan Bantuan untuk Warga

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemerintah pusat memerpanjang pemberlakuan PPKM Darurat hingga 25 Juli 2021 mendatang. Meski demikian istilah PPKM Darurat tak lagi dipakai dan berganti menjadi PPKM Level 4 untuk Pulau Jawa dan Bali.

Di DIY ada 3 daerah yang masuk ke PPKM Level 4 yaitu Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul. Sementara Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Gunungkidul berada dikategori level 3.

Ketua MPW Pemuda Pancasila DIY Faried Jayen Soepardjan menilai Gubernur DIY Sri Sultan HB X harus segera melakukan evaluasi penerapan PPKM Darurat di DIY. Saat ini di kalangan masyarakat, begitu terasa kekalutan dan beban berat yang ditanggung ditambah fasilitas kesehatan yang terasa begitu sulit diakses karena lonjakan pasien.

“Kita melihat banyak antrean pasien bahkan sampai ada pasien yang ditolak oleh rumah sakit. Bagaimana tenaga kesehatan kita juga kelelahan menangani pasien. Kita melihat juga bagaimana krisis oksigen terjadi di rumah sakit-rumah sakit di DIY. Belum lagi bagaimana shelter-shelter isoman penuh sehingga warga terpaksa harus isoman di rumah kemudian justru meninggal dunia karena tak mendapatkan pelayanan medis,” ungkap Faried Jayen melalui rilis tertulis, Kamis (22/7/2021).

Tak kalah penting, lanjut Faried Jayen yakni tindakan nyata dari Gubernur DIY di tengah penerapan PPKM. Banyak masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi selama PPKM Darurat diberlakukan dan merasakan kekalutan luar biasa.

“Harus ada langkah nyata dari pemerintah agar masyarakat tetap bisa makan dan perekonomiannya tetap berputar. Kalau tidak ada langkah nyata seperti segera ada bansos, bantuan permodalan atau apapun namanya bagi masyarakat maka kasihan masyarakat yang terdampak akan semakin susah. Harus segera ada langkah,” tegas Faried Jayen.

BERITA REKOMENDASI