Keunikan Kondisi UMKM Yogyakarta

YOGYA (KRjogja.com) – Industri kreatif dari UMKM di Yogyakarta terbilang cukup unik. Pasalnya basis yang dimiliki cukup beragam, mulai dari yang kekunoan hingga kekinian dapat dijumpai di Yogyakarta.

"Sebenarnya bukan hanya basis produknya yang unik dari kuno hingga kini. Tapi dari sisi SDM, industri kreatif di Yogya tidak hanya didominasi anak muda. Tapi kalangan tua tidak mau kalah dan tetap mampu memberikan kontribusi positif meramaikan dunia bisnis Yogyakarta," tutur Kepala Dinas Koperasi dan UMKM DIY Tri Saktiyana MSi kepada KRjogja.com, Jumat (12/8/2016).

Tidak hanya keunikan dari sisi-sisi tersebut. Tri Sakti menjelaskan lebih lanjut posisi UMKM di Yogya juga berada di dua jalur berbeda, nonformal dan formal. Keduanya dinilai sudah menunjukkan kapasitas masing-masing di jalur mereka tersebut.

"Tapi juga jangan sampai di luar jalur formal semua. Sebisa mungkin yang belum formal diformalkan. Meski sebetulnya, peran mereka meski tidak formal justru jadi penyelamat perekonomian," jelasnya. (M-5)

BERITA REKOMENDASI