Khidmat, Sholat Idul fitri Di Alun-alun Utara

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA,KRJOGJA.com- Ribuan jamaah memenuhi halaman Alun-alun Utara Yogyakarta mengikuti sholat hari raya Idul Fitri 1440 H. Dalam kesempatan tersebut turut hadir Gubernur DIY Sri Sultan HB X.

Diantara hikmah yang paling penting dari ibadah Idul Fitri adalah tumbuhnya kesadaraan kita akan kembali kepada fitrah manusia. Fitrah dalam makna bahasa diartikan sebagai karakter dasar manusia yang dibawa sejak lahir.

" Dari perspektif hukum, makna fitrah ini menjadi dasar perumusan ketentuan hukum ' praduga tidak bersalah' yang memandang manusia semua benar," kata khatib Prof Achmad Jainuri MA dalam khotbahnya. Rabu ( 05/06/19). 

Upaya untuk menjadi bersih kembali tanpa dosa akan sulit dilakukan. Meskipun demikian, dapat membantu rujukan dari setiap usaha manusia untuk memperbaiki penyimpangan dosa yang dilakukan oleh manusia. 

Makna fitrah juga menjadi sangat penting dengan tahun politik sekarang ini. Jika sifat politik yang ada pada diri manusia ini mewarnai semua proses politik yang baik. 

" Pemimpin yang kompeten dan berkarakter berdasar nilai etika moral agama sangat penting diupayakan. Karena dari merekalah kebijakan-kebijakan akan lahir yang nantinya sangat berpengaruh bagi kehidupan rakyat banyak," tambahnya.

Sementara itu, Gubernur DIY Sri sultan HB X juga turut memberikan selamat kepada seluruh umat muslim khususnya di Yogyakarta.

" Selamat bagi warga muslim yang sudah menyelesaikan puasa dengan baik. Kemudian semoga semakin bertakwa. Saya ucapkan selamat hari raya Idul Fitri mohon maaf lahir batin," tutur Sri Sultan kepada wartawan usai salat Idul fitri. ( Ive)

BERITA REKOMENDASI