Ki Manteb Ingin Pentas Wayang Gaya Yogya

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – Ki Manteb Sudarsono mengaku ingin pentas wayang semalam suntuk dengan Gaya Yogyakarta dan ditabuhi wiyaga. Dalang asal Karanganyar tersebut memang selama ini sangat menghormati pakeliran Gaya Yogyakarta meski ia sendiri dalam keseharian memakai Gaya Surakarta.

“Saya mau lihat mampu atau tidak. Gaya Yogya dan Surakarta secara umum sama, jika ada perbedaan hal itu tidak perlu dipermasalahkan. Justru itu yang biasanya bikin dredah, padu dan tidak ada habisnya," begitu ketegasan Ki Manteb Sudarsono di hadapan tokoh-tokoh pedalangan Yogyakarta belum lama ini.

Menurut Ki Manteb, pedalangan Yogya dan Surakarta memiliki akar yang sama yakni Mataram. Namun demikian seiring waktu perkembangan terus terjadi, apalagi setelah Kerajaan Mataram pecah menjadi Kasultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta maka sejak itu dari segi padalangan juga lantas memiliki induk masing-masing, Gaya Yogyakarta dan Surakarta.

Sebab itulah Ki Manteb yang seringkali pula menyisipkan konsep pakeliran Yogyakarta saat tampil ingin mencoba memainkan pentas wayang Gaya Yogyakarta secara utuh dalam sebuah kesempatan. Namun begitu kesempatan tersebut hingga saat ini belum bisa dimilikinya. "Rasanya kepengen. semoga saja segera terlaksana," katanya. (M-5)

BERITA REKOMENDASI