Ki Seno Nugroho, Dalang ‘Kekinian’ yang Sampaikan Pesan Wayang kepada Kaum Milenial

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pecinta wayang kulit di seluruh dunia, Rabu (04/11/2020) hari ini berkabung setelah salah satu dalang terbaik Ki Seno Nugroho tutup usia, Selasa (03/11/2020) malam. Ki Seno selama ini dikenal luas sebagai dalang kekinian yang mampu membuat cerita wayang kulit mudah diterima berbagai kalangan.

Sebelum pandemi, hampir setiap malam Ki Seno pentas di berbagai lokasi. Banyak penggemar datang, kehidupan ekonomi di sekitar lokasi pentas menjadi hidup.

Ia menggunakan live streaming YouTube dan penontonnya selalu mencapai puluhan ribu orang. Paling tidak dalam semalam, 10 ribu hingga 20 ribu penonton selalu setia menyaksikan pentas wayang kulit yang disiarkan tim live streaming Ki Seno.

Di sosial media, akun penggemar Ki Seno Nugroho banyak dijumpai. Pengikutnya sampai puluhan ribu, meski itu bukan official milik Ki Seno sendiri. Bahkan ia punya tagar sendiri seperti sobatngebyar, pasukanlalicaraneturu dan Penggemar Ki Seno Nugroho.

Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto pun menilai Ki Seno Nugroho sebagai seorang dalang piawai. Almarhum Ki Seno mampu mengantarkan cerita dan tuntunan wayang kulit dengan lebih mudah, sehingga bisa diterima berbagai kalangan termasuk anak muda.

“Beliau beberapa kali tampil di DPRD DIY, membawakan lakon-lakon yang sangat menarik seperti Duryudana Gugur dengan pesan yang sangat luar biasa, sampai untuk generasi muda. Kami sangat kehilangan sosok Ki Seno Nugroho, semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan,” ungkap Eko. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI