Ki Seno Nugroho Pentaskan Dewaruci di Halaman DPRD DIY Akhir Pekan

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – DPRD DIY kembali bersiap menggelar pagelaran wayang kulit Sabtu (23/3/2019) malam. Kali ini dalang Ki Seno Nugroho didaulat mementaskan lakon ‘Dewaruci’ semalam suntuk untuk masyarakat dan wisatawan yang hadir di halaman kantor DPRD DIY Jalan Malioboro. 

Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto mengatakan lakon Dewaruci sengaja dipilih lantaran dinilai pas dengan kondisi saat ini. Sebentar lagi menurut dia, elit politik bakal bertarung di pemilu 2019 yang diharapkan mampu mencontoh watak Bima, satu tokoh utama dalam lakon tersebut. 

“DPRD ingin mengajak masyarakat termasuk elit politik untuk kembali memperkuat semangat kebangsaan, dalam setiap tindakan dan perilaku senantiasa mengedepankan kepentingan bangsa diatas kepentingan pribadi maupun kelompok tertentu. Dari cerita ini kita ajak masyarakat untuk belajar watak Werkudhara, Bima yakni sifat kesatria dan taat pada aturan, eling waspada serta memiliki nilai kejujuran dengan keblak-blakannya,” ungkapnya dalam konferensi pers Jumat (22/3/2019) siang. 

Disebut Eko, sosok Bima juga patut menjadi teladan masyarakat di era digital saat ini. Sosok Bima yang membela kebenaran dan kejujuran menurut dia begitu dibutuhkan di masa yang serba abu-abu saat ini. 

“Bima ini tokoh yang selalu membela kebenaran dan membela kejujuran, mau mengakui kekalahan. Dengan kata lain Bima ini adalah tokoh yang anti hoax. Ini menurut kami penting sekali bagi masyarakat di era digital saat ini, di mana informasi tak lagi terbendung,” ungkapnya lagi. 

Agenda wayangan semalam suntuk sendiri bukan kali ini saja digelar di halaman DPRD DIY. Lakon-lakon menrik seperti Banjaran Bima, Duryudana Gugur dan Wahyu Magutho Romo sempat dipentaskan di ‘rumah rakyat’ tersebut.

Jadi bagi kamu Penggemar Wayang ki Seno Nugroho (PWKS) jangan lewatkan pagelaran ini. (Fxh)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI