Kick Off Pelatihan 3 In 1 Serentak 7 BDI, Masa Pandemi BPSDM Siapkan SDM Rev 4.0

YOGYA, KRJOGJA.com – Dalam upaya penanggulangan dampak Pandemi Covid-19, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian terus melakukan penyerapan tenaga kerja dan pengurangan jumlah PHK di industri dengan menyelenggarakan Pelatihan 3 in 1 berbasis kompetensi.

“Utilisasi industri manufaktur Indonesia menurun hingga 59,20% pada periode April-November 2020 sebagai dampak pandemi Covid 19, dan esuai arahan Presiden pembangunan nasional saat ini difokuskan pada pembangunan SDM yang berkualitas,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam acara kick off pelatihan 3 in 1 serentak di 7 Balai Diklat Industri (BDI) secara virtual, Selasa (12/1).

Disebutkan Era revolusi industri 4.0 saat ini menuntut SDM yang cepat beradaptasi dan mampu mengimplementasikan teknologi digital. “Diperlukan pembekalan keterampilan dasar, peningkatan keterampilan (up-skilling) atau pembaruan keterampilan (re-skilling) bagi para tenaga kerja yang didasarkan pada kebutuhan dunia industri saat ini. Kurikulum Pelatihan 3-in-1 telah didesain spesifik pada keterampilan tertentu yang selaras dengan kebutuhan industri. Pelaksanaan pelatihan mulai dari penyiapan kurikulum, praktek pembelajaran hingga penempatan kerja telah dilakukan berkolaborasi dengan perusahaan industri dan Asosiasi industri,” paparnya.

BERITA REKOMENDASI