KID DIY Adakan Monev Keterbukaan Informasi Badan Publik

YOGYA, KRJOGJA.com – Adanya UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) memberikan jaminan hak atas Informasi Publik. Semua itu sangat penting untuk memastikan peran serta masyarakat dalam pengawasan kinerja pemerintahan dalam mewujudkan good governance dan clean governance. Oleh karena itu untuk mengukur sejauhmana kepatuhan Badan Publik dalam penerapan Keterbukaan Informasi Publik pada badan Publik dilakukan Monitoring dan Evaluasi (monev) Keterbukaan informasi Badan Publik. Adapun salah satu tujuan yang ingin didapatkan dari monev tersebut adalah mengukur tingkat kepatuhan Badan Publik di DIY dalam pelaksanaan keterbukaan Informasi Publik.

“Selain beberapa hal di atas, kami ingin menjadikan hasil monev sebagai bahan masukan kepada Pemda DIY dan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam pengambilan kebijakan terutama berkaitan dengan keterbukaan Informasi Publik di DIY.Untuk tahun 2022, Badan Publik yang akan diikutsertakan dalam pelaksanaan monev Keterbukaan Informasi ada 382 badan publik dan dibagi dalam 9 kategori,” kata Ketua Komisi Informasi Daerah (KID) DIY Moh Hasyim, MHum didampingi Agus Purwanto (Wakil Ketua KID), Erniyanti (komisioner,koordinator bidang penyelesaian sengketa informasi) dan Rani (koordinator bidang advokasi, sosialisasi dan edukasi) dikantornya, Kamis (12/5/2022).

Moh Hasyim mengatakan, ?untuk menentukan peringkat badan publik, digunakan dua instrumen. Yaitu pengisian kuesioner secara mandiri (SAQ) dan uji akses. Dimana ?pengisian SAQ menggunakan portal e monev dengan alamat https://monev-kid.jpgjaprov.go.id. Berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana bobot dari pertanyaan tidak diketahui badan publik, pada tahun ini bobot dan penjelasan dari setiap pertanyaan sudah diketahui oleh badan publik. Sehingga prinsip transparansi sudah dilakukan.

BERITA REKOMENDASI