Kisah Tahan Uji Pengelola Museum Saat Pandemi, Sampai Gunakan Uang Tabungan

YOGYA, KRJOGJA.com – Dua tahun pandemi Covid-19 sangat berdampak kepada seluruh museum yang ada di Indonesia, apalagi dari segi keuangan, termasuk dialami sejumlah museum di Yogyakarta. Yakni Sebanyak 40 museum  mengalami masalah operasional dan gaji karyawan. Hal ini dikarenakan tutupnya objek wisata selama pandemi. Meski demikian, sejak level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sudah turun ke level 2, aktivitas museum terlihat kembali. Diharapkan bisa bangkit semangat para pengelola museum.

Demikian disampaikan ketua umum Badan Musyawarah Musea (Barahmus) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Ki Bambang Widodo  SPd MPd di Museum Benteng Vredeburg, belum lama ini. “Kalau pengunjung tidak ada, berarti satu setengah tahun itu  kesulitan untuk biaya operasional, listrik, gaji karyawan. Bahkan sebagian ada yang di rumahkan, ditutup dan sebagainya” jelasnya.

Dikemukakan, dengan tidak ada aktivitas membuat keuangan museum menjadi terguncang. Hal ini dikarenakan kepemilikan museum yang pada umumnya milik yayasan swasta dan perorangan, sehingga biaya operasional sangat bergantung kepada jumlah penjualan tiket. Beberapa museum harus mengambil tabungan hingga memberhentikan karyawan.

“Museum ada pemerintah, milik yayasan swasta yang juga ada milik perorangan. Sampai mengambil tabungannya karena terpaksa untuk menggaji karyawan, membayar listrik, selain itu bisa sampai menghentikan karyawannya”. jelas Sekretaris Umum Barahmus DIY, Asroni SIP.

Untuk membangkitkan semangat pengelola Museum,  Barahmus DIY difasilitasi oleh Dinas Kebudayaan DIY dan Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul, Sleman dan Kota Yogyakarta  menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti workshop, pameran sarasehan, webinar, dan berbagai lomba.

“Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Kebudayaan DIY maupun Kabupaten Bantul ada kegiatan kegiatan antara lain wajib kunjung museum. Walaupun tidak untuk siswa tapi untuk ibu-ibu PKK, Karang Taruna”. terang Ki Bambang.

BERITA REKOMENDASI