KKN UAD Bersama Wakil Walikota Yogyakarta Resmikan Kebun Sayur

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Peresmian kebun sayur di RW 07 Kelurahan Bausasran dilakukan langsung oleh Wakil Walikota Yogyakarta Drs. Heroe Poerwadi, MA bersama warga RW 07 dan Mahasiswa KKN Alternatif 75 unit III.D.1 dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Minggu, 5 Desember 2021 di Kebun Sayur Ronodigdoyo, Kelurahan Bausasran, Yogyakarta.

Tim KKN Alternatif 75 unit III.D.1 terdiri dari 2 Mahasiswa dan 7 Mahasiswi yang dibimbing oleh Ibu Safinta Nurindra Rahmadhia, S.Si., M.Sc.

Kegiatan peresmian kebun sayur Ronodigdoyo ini dipandu oleh Kepala Kampung Ananta Heri Pramono dan diikuti oleh warga RW 07 yang sangat antusias untuk menyambut kedatangan Wakil Walikota Yogyakarta.

Taman Ronodigdoyo berdiri di atas lahan kosong yang dimiliki oleh Masjid Al-Ma’ruf RW 07 Ronodigdayan.

Rizki Almuhaymin selaku Ketua Unit III.D.1 KKN UAD menuturkan, meskipun warga Ronodigdayan tidak ada yang bekerja sebagai petani melainkan rata-rata bekerja sebagai Pegawai, karyawan swasta serta buruh, hal tersebut tidak menjadi hambatam bagi warga untuk meningkatkan kemajuan kampung dengan cara memanfaatkan lahan kosong di sebelah masjid untuk dijadikan sebagai tanaman sayuran dan obat-obatan.

Pada awal perkembangannya Taman Ronodigdoyo hanya memiliki beberapa tanaman saja. “Seiring berjalannya waktu tanaman yang ada di Taman Ronodigdoyo semakin bertambah banyak sehingga menghasilkan panen yang lebih banyak pula,” ujarnya.

Adapun tanaman sayuran yang ada di Taman Ronodigdoyo meliputi bayam brazil, tomat, sawi, kembang kol, kemangi, kangkung, terong, bayam hijau, daun sledri, cabai dan beberapa sayur lainnya. Sedangkan tanaman obat meliputi jahe, kencur, kunyit, temulawak, lidah buaya dan beberapa lainnya.

“Taman Ronodigdoyo ini menjadi salah satu bentuk usaha milik Kampung Ronodigdayan. Hasil panen yang diperoleh dari Taman Ronodigdoyo diperjualbelikan dan hasil yang diperoleh dimasukkan ke kas kampung dan kas masjid,” ungkapnya.

Selain hasil panen, Taman Ronodigdoyo juga memiliki manfaat dalam bidang pendidikan untuk anak-anak warga Kampung Ronodigdayan.

“Dengan adanya taman tersebut, anak-anak bisa belajar mengenal berbagai macam tanaman sayur dan obat secara langsung serta mengenal manfaat dari berbagai tanaman tersebut,” imbuhnya.

Berkat usaha yang dilakukan oleh warga Kampung Ronodigdayan dengan merawat dan mengelola Taman tersebut sehingga kini Taman Ronodigdoyo semakin maju dan berkembang.

Sehingga Taman Ronodigdoyo ini akhirnya bisa diresmikan oleh Wakil Walikota Yogyakarta. Dalam kegiatan peresmian ini, Heore melihat-lihat isi kebun dan memanen hasil kebun seperti, sayur Kangkung, Terong, Cabe, dan Sayur Sawi.

“Harapannya setelah diresmikan kebun sayur Ronodigdoyo dapat lebih berkembang dan warga lebih aktif untuk beraktivitas dikebun sayur Ronodigdoyo ini” ucapnya.

Selain itu, dalam peresmian kebun sayur Ronodigdoyo ini Wakil Walikota Yogyakarta juga disambut oleh warga dengan memberikan beberapa sajian seperti Topi Tani, Hidangan Makanan dan juga Hiburan lainnya.

Selagi menikmati sambutan warga RW 07, Ananta Heri Pramono menceritakan sejarah dari kebun sayur Ronodigdoyo khususnya wilayah RW 07.

Mahasiswa KKN Alternatif 75 unit III.D.1 UAD Yogyakarta inisiasi peresmian kebun sayur di RW 07 Kelurahan Bausasran yang dilakukan langsung oleh Wakil Walikota Yogyakarta Drs. Heroe Poerwadi, MA. (*)

BERITA REKOMENDASI