KKN UAD Screening Lansia untuk Edukasi Kesehatan

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Kegiatan ‘Screening Lansia’ diselenggarakan Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bersama Puskesmas Umbulharjo di Dusun Kranon, Nitikan, Sorosutan, Kemantren Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Dr Ir Tri Budiyanto ST MT selaku dosen pembimbijng lapangan, Jumat (28/01/2022) mengatakan, kegiatan ini muncul karena adanya tingkat masalah kesehatan yang dialami oleh warga lansia di Dusun Kranon Nitikan, Sorosutan, Kemantren Umbulharjo.

“Kegiatan ini bertujuan memberi edukasi kesehatan, khususnya lansia. Kegiatan diawali dengan edukasi kesehatan lansia dan pemeriksaan kesehatan di lakukan Puskesmas Umbulharjo. Warga setempat dibantu anggota KKN Tematik Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka/MBKM Teknik Industri 72 unit IA3,” ujarnya.

Dijelaskan Budiyanto, pelaksanaan edukasi mengenai penyebab hipertensi dan makanan yang perlu dihindari atau dikurangi. Kemudian memeriksa terkait kesehatan lansia seperti memeriksa tensi, memeriksa kemampuan pendengaran lansia, memeriksa berat badan, dan tinggi badan lansia.

“Pemeriksaan kesehatan ini berguna untuk memantau kesehatan lansia serta sebagai tindakan preventif untuk mencegah terjadinya penyakit khususnya penyakit yang sering terjadi pada lansia,” katanya.

Dari pemantuan Budiyanto, Screening Lansia mendapatkan respons positif dari masyarakat setempat. Para lansia sangat antusias menyambut program kerja screening tersebut. Masyarakat mendukung penuh atas apa yang telah dilaksanakan oleh Kelompok KKN Tematik MBKM Teknik Industri 72 Unit IA3 – UAD.(Jay).

UAD

BERITA REKOMENDASI