KKN UST Tebar 5.000 Bibit Ikan di Embung Langensari

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Lembaga Penelitian, Pengembangan dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M), Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) mengadakan kegiatan bakti kampus, Kamis (4/7/2019). Kegiatan bertema 'Kampoeng-Kampus: Cinta & Peduli Lingkungan' merupakan wujud kerja nyata mahasiswa KKN UST Antar Semester Periode I Tahun Akademik 2019/2020 sebelum diterjunkan ke lokasi KKN.

Kepala LP3M UST, Dra Siti Rochmiyati MPd mengatakan, kegiatan bakti kampus kali ini diikuti 1.255 mahasiswa peserta KKN yang dibagi dalam tiga lokasi yaitu Embung Langensari Klitren Gondokusuman, Taman Gajah Wong Edu Park, Kelurahan Pandeyan Umbulharjo dan lingkungan Kampus UST. "Kegiatan Bakti Kampus diawali upacara pembukaan di halaman Kampus Pusat UST," ujar Siti Rochmiyati kepada KRJOGJA.com disela kegiatan.

Upacara pembukaan dihadiri Kepala Bappeda Kota Yogyakarta, Rektor UST, para Wakil Rektor, Dekan serta para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN. Bakti kampus di Embung Langensari diawali penebaran 5.000 bibit ikan nila oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Energi Sumber Daya Minerel (PUP-ESDM) DIY Ir Hananto Hadi Purnomo MSc didampingi Rektor UST Drs Ki Pardimin MPd PhD dan Kepala LP3M UST Dra Siti Rochmiyati diikuti mahasiswa.

Setelah itu dilanjutkan membersihkan lingkungan Embung Langensari oleh mahasiswa. Sedangkan bakti kampus di Taman Gajah Wong Edu Park berupa membersihkan lingkungan taman dihadiri Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta. Kemudian untuk bakti kampus di lingkungan Kampus UST yakni di Kelurahan Tahunan dengan membersihkan lingkungan kampus, sekolah Cabang Ibu Pawiyatan Tamansiswa dan tempat-tempat ibadah.

Hananto mengapresiasi bakti kampus UST, menurutnya, embung tidak hanya berfungsi teknis sebagai tampungan air, tapi juga sebagai tempat wisata termasuk mancing ikan. Kegiatan ini bisa menginspirasi kampus-kampus lain untuk melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Embung Langensari. "Wilayah ini kedepan akan dikembangkan sebagai wisata edupark, sehingga dibutuhkan pengelola yang bisa mengelola embung dengan baik," katanya.

Rektor UST mengatakan, bakti kampus merupakan kegiatan positif sebagai implementasi pengabdian kepada masyarakat. Bibit ikan nila yang ditebar, 6 bulan kedepan diperkirkan sudah besar dan bisa untuk lomba mancing warga. "Tujuan utama kegiatan bakti kampus untuk mendekatkan UST dengan masyarakat, juga menjadi pendahuluan atau ajang pemanasan sebelum mahasiswa ditempatkan ke lokasi KKN agar bisa sukses," tuturnya. (Dev)

BERITA REKOMENDASI