Koalisi Mahasiswa Papua Yogyakarta Bersatu Dukung Otsus Jilid II

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Puluhan mahasiswa Papua di Yogyakarta menggelar deklarasi di depan Bundaran Universitas Gajah Mada, Sabtu (17/10/2020). Para mahasiswa menyatakan dukungannya terhadap pemerintah agar Otonomi Khusus (Otsus) Papua Jilid II dilanjutkan.

“Kami mahasiswa Papua dan Papua Barat yang tergabung dalam ‘Koalisi Mahasiswa Papua Yogyakarta Bersatu’ memandang Otsus Papua Jilid II dapat memberikan dampak positif terhadap pembangunan Papua, terutama soal pendidikan,” kata kordinator deklarasi, Baren.

Ia menyatakan dukungan mahasiswa Papua terhadap Otsus Jilid II merupakan sebuah kewajiban. Apalagi hal ini menyangkut dengan pendidikan, peningkatan SDM Papua yang harus menjadi menjadi prioritas pemerintah. “Otsus Papua Jilid II harus lanjut dengan catatan wajib berpihak terhadap dunia pendidikan,” lanjutnya.

Baren juga berharap kepada pemerintah daerah agar membuat Perdasus Papua yang berpihak terhadap warga Papua. Contohnya calon Bupati harus asli orang Papua.

Sementara terkait deklarasi di bundaran UGM Yogyakarta, Baren mengatakan hal ini merupakan keinginan mahasiswa Papua sebagai langkah konkret untuk memberikan dukungan demi kemajuan Bumi Cendrawasih. Ia berharap Otsus Papua Jilid II dapat pula menjamin para mahasiswa yang sedang kuliah, baik di Papua maupun luar daerah.

“Kami akan terus berjuang menyampaikan aspirasi ke pemerintah pusat agar Otsus Papua Jilid II tetap dilanjutkan. Selain itu harus ada badan pengawasan anggaran Otsus terkait kebijakan anggaran Otsus Papua Jilid II,” kata Baren.

Otsus Papua Jilid II menurutny harus dilanjutkan dengan memperhatikan aspek pembangunan dan kesejahteraan soasial melalui skema anggaran yang meliputi prioritas pada infrastruktur dan beasiswa pendidikan. (*)

Caption :
Massa yang tergabung dalam Koalisi Mahasiswa Papua Yogyakarta Bersatu saat deklarasi mendukung Otsus Papua Jilid II.

BERITA REKOMENDASI