Kodim Yogyakarta Kembalikan Fungsi Gajahwong

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Sungai memiliki perang yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Salain sebagai penyedia kebutuhan air tanah, peran sungai sangat penting untuk menjaga dan sebagai penyeimbang alam. Sungai akan memberikan manfaatnya jika dirawat dengan baik, namun sebaliknya jika manusia mengabaikannya maka sungai akan menjadi ancaman bagi siapapun yang ada di sekitarnya.

Hal itulah yang berusaha dilakukan oleh para prajurit Kodim 0734 Yogyakarta dalam kegiatan TMMD Reguler ke-101 di Kelurahan Pandean Kecamatan Umbulharjo. Para prajurit ingin mengubah kebiasaan buruk warga dalam memperlakukan sungai dan mengedukasinya untuk dapat memperlakukannya dengan baik.

“Selama ini orang beranggapan jika membuang sesuatu di sungai itu maka masalah akan selesai. Saat ini memang masalah selesai, namun tanpa disadari sesuatu yang kita buang tersebut akan menjadi masalah bagi warga lain yang daerahnya dilalui sungai tersebut,” ungkap Komandan Kodim (Dandim) 0734 Yogyakarta, Letkol (Inf) Rudi Firmansyah di makodim setempat, Sabtu (24/03/2018).

Kebiasaan buruk seperti itulah yang akan diubah prajurit dalam kehadirannya di masyarakat. Dengan melakukan sosialisasi dan pengarahan, warga akan diajak untuk membuang tak sampah di sungai dan memperlakukannya dengan baik.

Selain itu warga yang masih tinggal di bantaran sungai juga akan diberikan pemahaman akan bahaya menetap di tepian bibir kali. Tujuannya agar masyarakat memahami akan bahaya dan meningkatkan kewaspadaan saat potensi bencana mengancam.

“Permasalahan sungai ini cukup kompleks, sehingga kami melakukan pendekatan dari berbagai aspek. Harapan kami agar masyarakat bisa memahami dan pelan-pelan mengubah ke arah yang lebih baik,” jelasnya.

Dalam TMMD Reguler ke-101 Kodim Yogyakarta yang akan dilaksanakan pada 28 Maret hingga 26 April mendatang, pembangunan talud Sungai Gajahwong sepanjang 85 meter menjadi sasaran utama program. Selain itu renovasi beberapa rumah warga yang berada di bantaran juga dilakukan agar bahaya longsor tak lagi menghancam. (Van)

BERITA REKOMENDASI