Koeswanto Terpilih Ketua PGSI DIY

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – H Koeswanto SIP terpilih sebagai Ketua Pengda Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) DIY periode 2021-2025. Dalam Musyawarah Daerah (Musda) II PGSI DIY tahun 2021, Koeswanto terpilih secara aklamasi berdasarkan usulan masing-masing perwakilan Pengcab PGSI dari lima kabupaten/kota di DIY

Koeswanto menyatakan pihaknya tidak akan merekrut kepengurusan yang ‘gemuk’, Ia menghendaki kepengurusan yang ramping, namun berkualitas. “Kami juga mengedepankan transparansi dan koordinasi yang tidak terputus antara Pengkab dengan Pengcab,” katanya seusai Musda yang digelar di Gedung DPRD DIY, Sabtu (11/12/2021).

Menurutnya, transparansi dan koordinasi itu menjadi agenda utama, berdasarkan evaluasi kepengurusan lama yang vakum, tidak ada kegiatan, serta simpang siurnya laporan terutama menyangkut inventarisasi aset. Kondisi itu berdampak pada buruknya prestasi atlet gulat DIY. “Dengan kepengurusan vakum, akhirnya DIY tidak mengirimkan atlet gulat di PON Papua 2021. Ini jangan sampai terjadi lagi,” ujar Koeswanto yang sebelumnya menjabat Ketua Pengcab PGSI Sleman.

Program-program untuk mencetak atlet gulat berkualitas segera dimulai, termasuk penjaringan dari ajang Porda DIY 2022 yang akan berlangsung di Sleman. “Kami akan segera koordinasi dengan KONI terkait peralatan, maupun koordinasi dengan Pengcab untuk meneruskan program-program KONI yang turun ke Pengda,” ungkap Koeswanto yang juga Ketua Komisi D DPRD DIY.

Menurut Ketua Pengcab PGSI Kota Yogyakarta, Antoni Hutagaol, berdasarkan evaluasi kepengurusan sebelumnya, ia berharap Pengda PGSI ke depan memprioritaskan peningkatan sumber daya manusia (SDM), baik pengurus, pelatih, perwasitan maupun kualitas atlet. Ia juga berharap semua Pengcab PGSI mengedepankan spirit DIY dalam Porda 2022.

“Kalau saya pribadi, siapapun yang juara, dari kabupaten/kota mana pun tidak masalah. Yang penting fokusnya ke DIY, bagaimana atlet kita itu nantinya mewakili DIY dan tampil bagus,” kata Antoni. (Bro)

BERITA REKOMENDASI