Kolektor Banyak Buru Seri Pramuka

YOGYA, KRJOGJA.com – Prangko seri Kepanduan atau Pramuka sudah sangat sering diterbitkan di Indonesia. Setidaknya tercatat sudah 19 kali terbit pada kurun waktu 1955 hingga 2019. Hal ini mengingat pentingnya Kepanduan yang dapat menggerakkan pemuda pemudi di seluruh dunia termasuk Indonesia yang kemudian menjadi salah satu cikal bakal untuk menerbitkan prangko seri Kepanduan.

Di kalangan Internasional, gerakan kepanduan sendiri memiliki sejarah panjang dan memiliki sebutan Scouting atau Scout Movement. Di Indonesia, pada 14 Agustus diperingati sebagai Hari Pramuka yang sebelumnya dikenal dengan nama gerakan Kepanduan. Namun di masa pandemi Covid-19 ini, upacara hari Pramuka ditiadakan guna memutus rantai persebaran Covid-19. Meski demikian, peringatan hari Pramuka menjadi hal yang istimewa bagi para penggiat filateli khususnya yang memilki koleksi bertema kepanduan. Aktivis

Pramuka sekaligus pembina Pramuka di Yogyakarta, Bambang Pamungkas mengaku telah mengoleksi benda filateli seri kepanduan sejak SMP atau tingkat penggalang pramuka. “Saya meminati prangko atau benda filateli saat saya ikut uji kecakapan khusus pramuka dan keterusan sampai sekarang. Saya saat ini mengarahkan kepada para binaan saya untuk mengikuti uji kecakapan tentang Filateli di Pramuka” ungkapnya, Jumat (14/8).

BERITA REKOMENDASI