Komisi D DPRD DIY Siapkan Anggaran Rp 130 M untuk Penanganan Covid-19

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Komisi D DPRD DIY menyiapkan anggaran Rp 130 miliar untuk penanganan Covid-19 yang dinilai semakin mengkhawatirkan di DIY. Beberapa hal juga menjadi perhatian wakil rakyat yang membidangi kesejahteraan rakyat ini.

Anggota Komisi D, Muhammad Yazid mengatakan pihaknya bersama Pemda DIY sudah mengalokasikan anggaran Rp 130 miliar untuk penanganan Covid. Hal tersebut menurut dia harus membuat seluruh stakeholder bekerja lebih cepat agar penanganan bisa maksimal.

“Ada beberapa hal yang harus dilakukan, segera buat rumah sakit lapangan untuk menangani pasien bergejala sedang dan berat. Kemudian bisa mengerahkan seluruh perguruan tinggi di Jogja yang memiliki fakultas kedokteran dan keperawatan untuk terlibat aktif menangani pandemi di DIY karena anggarannta sudah disiapkan. Sabagai kota pelajar, kampus atau mahasiswa harus memiliki jiwa empati terhadap kondisi di DIY,” ungkap Yazid, Sabtu (24/07/2021).

Di sisi lain, legislator PPP ini meminta pendaftaran relawan dilakukan secara lebih masif agar semakin cepat menjaring tenaga kesehatan berkompeten untuk penanganan. Sampai saat ini DIY masih kesulitan mendapatkan tambahan tenaga kesehatan karena minimnya minat pendaftar.

“Kami mengapresiasi seluruh relawan maupun masyarakat yang saat ini telah membantu penanganan covid 19 mulai dari pemulasaraan jenazah, pemakaman maupun relawan dari masyarakat yang bersedia mengantar pasien covid untuk mencari perawatan di rumah sakit secara sukarela,” lanjutnya.

Sementara itu Ketua Komisi D, Kuswanto meminta pemerintah serius mengantisipasi dampak ekonomi terutama sektor pekerja terdampak pandemi. Skema bantuan pekerja diharapkan bisa diwujudkan dan tepat sasaran agar bisa membantu warga masyarakat DIY yang kini terhimpit secara ekonomi.

“Kami jelas mendukung skema bantuan pekerja untuk DIY. Harapannya bisa membantu teman-teman pekerja terdampak juga lebih lagi yang terpaksa harus kena PHK,” tandas Kuswanto. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI