Kompetisi Soprema UGM Masuki Babak Final

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Kompetisi Sosiopreneur Muda Indonesia (Soprema) UGM tahun 2020 memasuki babak final. Terpilih 6 finalis kompetisi kategori kick off dan 6 finalis kategori start up.

Enam finalis kategori kick off adalah Carbon Addons dari Jawa Timur, Kampung Mancing Mania dari Jawa Tengah, Krawu Ikan Piscita dari Jawa Timur, Minagro dari Sumatera Selatan, Onahni dari DIY dan Rumah Naneh dari Jambi.

Sedangkan enam finalis untuk kategori start up yaitu Agrowakaf dari Jawa Tengah, Fit-In dari DIY, Slayan dari Lampung, Teh Gaharu Royal dari DKI Jakarta, FAM dari Sumatera Barat dan FLOS dari Jawa Tengah.

Ketua Soprema, Dr Hempri Suyatna mengatakan, para finalis tersebut nantinya akan diseleksi dan dinilai kembali oleh para juri. “Pemenangnya akan diumumkan pada saat awarding night, 4 Desember 2020 yang akan disiarkan live secara daring melalui YouTube Fisipol UGM,” kata Hempri, Kamis (26/11/2020).

Menurut Hempri, para sociopreneur tersebut terpilih menjadi finalis Soprema didasarkan pada poin-poin penilaian berupa dampak sosial, performance serta keberlangsungan usaha. Keunikan dan inovasi juga menjadi hal yang diperhitungkan.

Contohnya Onahni, finalis kick off yang bergerak di bidang rehabilitasi pornografi pertama di Indonesia. Onahni hadir untuk mengatasi masalah kecanduan porografi berbasis peer counselor dan konsulasti anonim.

Kemudian ada FAM, salah satu finalis start up yang merupakan usaha sosial yang bertujuan mengajak pemuda lokal membangun desa lewat agro-eduwisata berkelanjutan berbasis masyarakat dengan tetap mempertahankan kearifan lokal. (Dev)

BERITA REKOMENDASI