Kompleks Kepatihan Malioboro, Dulu Tempat Tinggal Pepatih Dalem Kini Kantor Sultan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Bangunan Kompleks Kepatihan yang terletak di Jalan Malioboro Yogyakarta dibangun pada masa Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) I. Tempat ini telah berusia ratusan tahun, meski begitu bangunan ini masih berdiri kokoh dan saat ini difungsikan sebagai Kantor Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Bangunan tersebut dahulu merupakan kantor kerja sekaligus tempat tinggal Pepatih Dalem, sebuah jabatan kerajaan setingkat perdana menteri bergelar Danureja di Kasultanan Yogyakarta. Bangunan telah ditetapkan sebagai salah satu Cagar Budaya melalui Peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata No.PM.07/PW.007/MKP/2010.

Bangunan Gedhong Wilis yang dulu digunakan sebagai tempat untuk menginap keluarga Pepatih Dalem, kini difungsikam sebagai kantor Sri Sultan HB X. Sedangkan Bangsal Ageng yang dulu dipakai untuk menyelenggarakan hajatan Raja, kini berubah nama menjadi Bangsal Kepatihan dan berfungsi sebagai lokasi pertemuan, pelantikan pejabat, pertunjukan seni dan lain sebagainya.

Pada masa kependudukan Jepang tahun 1942, Raja Kraton Yogyakarta, Sri Sultan HB IX mengambil kebijakan tempat kerja Pepatih Dalem dipindahkan ke Kraton. Kemudian pada masa revolusi, Kepatihan juga pernah digunakan sebagai Kantor Penerangan DIY.

BERITA REKOMENDASI