Kompleks Kepatihan Malioboro, Dulu Tempat Tinggal Pepatih Dalem Kini Kantor Sultan

Editor: Ivan Aditya

Pada tahun 1945, Pepatih Dalem terakhir pensiun dan sejak saat itu, Sultan tidak lagi mengangkat patih namun dibentuklah jawatan-jawatan yang disebut Paniradya yang dikepalai seorang Paniradya Pati yang bertugas membantu Sultan dan berkantor di Kepatihan.

Pada revitalisasi Kompleks Kepatihan 2017 lalu, gerbang yang semula menghadap barat lalu dihadapkan ke arah selatan bertujuan agar dapat menunjukkan bahwa bangunan tersebut benar-benar terlihat sebagai Kantor Gubernur. Di sisi lain, agar mampu mengurangi kepadatan lalu lintas di Jalan Malioboro.

Dilansir dari kratonjogja.id, setidaknya ada sembilan Patih yang pernah menjabat sebagai Pepatih Dalem Kasultanan Yogyakarta dan berkantor di Kepatihan, yakni :

1. Kanjeng Raden Adipati Danureja I (1755 – 1799)

Pada masa mudanya bernama Raden Bagus Konting Mertowijoyo, putera dari Kyai Raden Adipati Yudonegoro II, Bupati Banyumas. Berteman akrab dengan Raden Mas Sudjono atau Pangeran Mangkubumi.

Setelah perang berakhir, Pangeran Mangkubumi resmi menjadi Sultan Yogyakarta bergelar Sri Sultan HB I dan mengangkatnya sebagai Pepatih dengan gelar Kanjeng Raden Adipati Danureja I.

BERITA REKOMENDASI