KONI Yogya Gandeng BPJS Ketenagakerjaan Demi Lindungi Kontingen Porda

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Yogyakarta mengikutkan seluruh anggota kontingen Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI DIY 2022 dalam program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Hal ini ditujukan untuk melindungi sekaligus memberikan jaminan bagi seluruh anggota kontingen yang terdiri dari 736 atlet serta 190 pelatih dan ofisial selama berjuang di ajang olahraga multi event terbesar di DIY ini.

Simbolisasi keikutsertaan KONI Kota Yogyakarta dalam program BPJS Ketenagakerjaan ini diwujudkan dengan penandatanganan MoU antara Ketua Umum (Ketum) KONI Kota Yogyakarta, Aji Karnanto SE MM dan Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Yogyakarta, Teguh Wiyono.

“Semua anggota kontingen Kota Yogyakarta yang akan ikut Porda, sengaja kami ikutkan BPJS Ketenagakerjaan sebagai langkah preventif untuk melindungi mereka,” terang Aji Karnanto usai kegiatan, Jumat (24/6/2022).

Selain penandatanganan MoU, dalam kegiatan yang berlangsung di Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Yogyakarta ini juga secara simbolis penyerahan kartu kepada perwakilan atlet (Rahma Annisa/atletik) dan pelatih (Agil Yudhono/pencak silat). Dijelaskan Aji, keikutsertaan KONI Kota Yogyakarta dalam program BPJS Ketenagakerjaan ini dalam rangka memberikan asuransi perlindungan kecelakaan, risiko cedera atlet, hingga risiko kecelakaan selama tampil di Porda DIY.

Untuk program ini, KONI Kota Yogyakarta mengikutkan seluruh anggota kontingennya dengan jangka waktu satu bulan yang pertanggungannya akan dimulai pada 10 Agustus hingga 10 September. Dengan ikut dalam program ini, seluruh anggota kontingen Porda Kota Yogya akan mendapatkan jaminan dari BPJS Ketenagakerjaan secara penuh.

Hak-hak yang didapat bagi anggota kontingen diantaranya, mendapat jaminan pertanggung jawaban jika terjadi kecelakaan saat akan berangkat dan pulang latihan serta saat bertanding, mendapat jaminan pertanggung jawaban jika mengalami cedera saat latihan dan bertanding. “Mereka akan mendapat pertanggung jawabannya rawat jalan dan inap, bahkan juga akan ada santunan kematian,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Yogyakarta, Teguh Wiyono yang hadir dalam kegiatan ini mengatakan, dengan adanya jaminan perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan tersebut dirinya berharap, semua atlet, pelatih dan anggota kontingen Porda Kota Yogyakarta bisa fokus untuk bertanding untuk mempersembahkan prestasi terbaiknya di Porda mendatang.

Dalam jaminan ini, Teguh menjelaskan, lingkup yang terjamin diantaranya saat atlet, pelatih dan ofisial menmjadi korban kecelaka. “Dari cedera, sakit, sampai sembuh akan menjadi tanggungan kami. Bahkan nantinya jika sampai ada kejadian meninggal dunia, kami juga akan siapkan jaminan santunan hingga mencapai Rp 70 juta,” tandasnya.

Disinggung mengenai kerjasama ini, Teguh mengatakan, KONI Kota Yogyakarta menjadi yang pertama untuk di DIY. Pasalnya, KONI kabupaten lain yang juga akan ambil bagian di Porda DIY belum menjalin kerjasama ini. “Nantinya kami berharap semua KONI se-DIY juga akan ambil bagian dalam kerjasama ini demi memberikan jaminan kepada atlet, pelatih dan ofisialnya,” tegasnya.(Hit)

KONI Kota Yogyakarta, Aji Karnanto SE MM dan Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Yogyakarta, Teguh Wiyono, disaksikan Kadindikpora Kota Yogyakarta, Budi Santosa Asrori SE MSi (tengah) melakukan penandatanganan MoU kerjasama. Foto : Adhitya Asros

BERITA REKOMENDASI