Konser Negri Cangkem Tunjukkan Jogja Yang Sejuk dan Adem Ayem

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA (KRjogja.com) – Tembang 'suwe ora jamu' menjadi pembuka apik pergelaran menarik Konser Negri Cangkem persembahan Acapella Mataraman pimpinan Pardiman Djoyonegoro di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta, Sabtu (23/7) malam. Pentas ini merupakan bagian Pergelaran Eksperimentasi Karya Seni 2016.

Setelah hadirnya lagu 'Suwe Ora Jamu', menyusul kemudian tembang yang tidak kalah ciamik, 'Tak Lela Ledhung' yang mendayu-dayu. Awalan tersebut sudah cukup membawa suasana adem ayem dalam konser ini. "Kita seperti diingatkan bahwa sebenarnya punya kekayaan luar biasa berupa kebudayaan dan generasi muda yang tangguh," tegas Pardiman Djoyonegoro dijumpai sebelum penampilan.

Potensi tersebut lanjutnya mampu menjadi inpirasi. Hal itu pula yang ingin dilakukannya dengan menyampaikan secara ringan sehingga mudah diterima. Masyarakat diajak mengingat lagi sejarah yang tidak akan lekang oleh waktu. "Salam cangkem salam mulia. Adem ayem mari dijaga. Bersama kita tunjukkan bahwa Yogya memang adem ayem dan menyejukkan," jelasnya.

Konser ini didukung tidak kurang 60 pemain dari berbagai lintas usia. Total ada delapan komposisi yang dibawakan, seperti 'Wiwit Aku Isih Bayi' yang mampu mempesona penonton. Tiap komposisi dibawakan dengan serempak dan begitu padu. Sisipan fragmen lucu, ringan dan realita keseharian dihadirkan dengan begitu lepas tanpa beban sehingga menarik untuk dinikmati.

Terpisah Kepala TBY Diah Tutuka menyebut kegiatan ini menjadi rutinitas agenda tahunan. Harapannya melalui pergelaran ini dapat menjadi bagian kehidupan berkesenian di Yogyakarta. "Paling penting mengapresiasi generasi muda dalam kiprahnya di dunia seni," tegasnya. (M-5)

BERITA REKOMENDASI