Konsolidasi, PDIP DIY Target Menangkan Pilkada 2020

YOGYA, KRJOGJA.com – DPD PDI Perjuangan DIY menggelar rapat konsolidasi internal menghadirkan kader dari tingkat ranting, kecamatan hingga kabupaten, Jumat (3/1/2020). Mengusung agenda utama menyusun kepengurusan baru, PDI Perjuangan DIY juga berikrar memenangkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di tahun 2020 mendatang. 

Ketua DPD PDI Perjuangan DIY, Nuryadi mengatakan partainya ingin memaksimalkan peran dari tingkat terbawah di tahun 2020 ini. PDI Perjuangan menurut Nuryadi tak ingin bereuforia dengan kemenangan telak di seluruh wilayah DIY pada kontestasi pemilihan legislatif (pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 lalu. 

“Kami ingin menyatukan visi menyamakan hati sesuai amanat partai. Kami berupaya menang tiga kali dan memastikan konsolidasi hingga tingkat bawah. Lima tahun lalu kita kalah di Sleman, Bantul, Gunungkidul. Tapi kami tahun ini berikrar untuk menang,” ungkap Nuryadi. 

Terkait apakah akan menjalin koalisi dengan partai lainnya, PDI Perjuangan DIY mengaku masih melakukan pendalaman lebih jauh. “Kami sangat dinamis dan terbuka dengan koalisi, tapi kami harus melihat di masing-masing kabupaten nantinya. Tapi yang jelas PDI Perjuangan cukup kursi untuk mengusung calon sendiri,” ungkapnya lagi. 

Totok Hedi Santosa, Sekretaris DPD PDI Perjuangan DIY menambahkan saat ini proses penjaringan calon untuk tiga kabupaten sudah selesai. Nama-nama sudah diserahkan ke pusat untuk nantinya ditentukan siapa yang akan dipilih maju menjadi calon bupati maupun wakil bupati. 

“Total untuk Sleman ada 11 nama, Bantul ada 5 nama, Gunungkidul ada 9 nama. Itu baik untuk calon bupati dan wakil bupati. Namun saat ini semua keputusan ada di DPP, kami hanya penjaringan dan menyerahkan nama, yang menentukan kewenangan pusat,” ungkapnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI