Konstruksi NYIA Dimulai Bulan April

YOGYA, KRJOGJA.com – Gubernur DIY Sultan HB X menegaskan, realisasi pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) harus sama dan sesuai dengan desain yang telah disepakati bersama dengan pihak PT Angkasa Pura I (Persero).  Sedangkan proses konstruksi pembangunan NYIA di Kulonprogo bisa mulai dilakukan pada April 2018.

"Kami tadi membahas masalah desain bandara baru di Kulonprogo yang sudah diselesaikan. Hanya tinggal detailnya saja yang akan digarap nanti," ujar Sultan HB X usai bertemu dengan Direksi PT AP I (Persero) di Gedhong Wilis Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Kamis (8/2/2018).

Sultan HB X mengatakan, desain bangunan utama bandara tersebut seperti atap, ruangan dan sebagainya sudah disepakati dengan PT AP I yang telah berkonsultasi empat kali selama ini. Potensi kebudayaan, perabadan dan sejarah yang ada di DIY bisa terungkap menjadi ruh dalam desain setiap ruang bandara baru tersebut.

"Dalam memasang gambar atau lukisan tidak hanya untuk mengisi ruang semata, tetapi punya nilai filosofi dan ruh. Desainnya harus memberikan ruh di setiap ruangan yang ada dengan semua potensinya, sehingga begitu masuk bandara akan bisa melihat sejarah Yogya, tradisi dan sebagainya," paparnya.

Setelah desain disepakati bersama, pembangunan fisik bandara akan dilakukan segera pada April 2018 mendatang. "Harapan saya desain atapnya menggunakan motif kawung, cahaya bisa masuk langsung dan lain-lain. Saya sulit menjelaskannya karena bukan arsitek, tetapi paling tidak desainya mampu mewarnai setiap ruang, sehingga tidak kosong dan asal-asalan," imbuhnya.

Terkait masih adanya polemik pembebasan lahan di lokasi pembangunan NYIA, Sultan menegaskan, sekarang sudah diproses dan ditangani pihak pengadilan. Sebab yang mempunyai hak untuk membatalkan serifikat tanah adalah pengadilan. Sertifikat tanah bisa dibatalkan demi kepentingan umum sehingga tanah tersebut beralih kepemilikanya sebagai tanah milik negara.

Anggota Tim Percepatan Pelaksanaan Program Prioritas Pembangunan DIY Rani Sjamsinarsi menambahkan, desain bandara baru ini sudah lengkap untuk fungsi zaman kekinian, termasuk desain interiornya. Pihak AP I selalu memaparkan dan berkonsultasi dengan Guberner DIY sehingga selalu mendapatkan arahan langsung dari Sultan.

Rani mengatakan, setiap desain ruangan dan ornamen dinding di NYIA mempunyai nilai-nilai sejarah dan filosofi Yogyakarta dengan sentuhan artistik kekinian. NYIA tidak hanya didesain benar-benar indah tetapi sekaligus memiliki makna yang dalam. Pihaknya berharap pembangunan NYIA lancar dan bermanfaat, tidak hanya bagi DIY namun juga bagi Indonesia.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi mengungkapkan, pembangunan NYIA di Temon Kulonprogo akan menggunakan desain yang mengedepankan unsur kearifan lokal. Sehingga nuansa modern yang ada, tidak akan menghapus unsur kearifan lokal. Bahkan nuansa khas Yogyakarta justru akan ditonjolkan dalam desain bandara bertaraf internasional tersebut. "Desain bandara akan dibuat dengan memasukkan unsur budaya lokal. Dengan menonjolkan unsur kearifan lokal, justru akan menjadi kekhasan tersendiri bagi NYIA," kata Faik Fahmi.

Menurut Faik, pembangunan bandara internasional baru di Temon Kulonprogo saat ini sudah sangat mendesak. Karena itu, pihaknya berharap masyarakat dan semua stakeholders terkait bisa proaktif, mengingat pembangunan NYIA akan memberikan dampak signifikan bagi pertumbuhan ekonomi DIY.

"Seandainya ada perbedaan pendapat dari masyarakat soal pembangunan bandara, prinsipnya akan kita selesaikan baik-baik. Apalagi pembangunan bandara ini untuk seluruh masyarakat DIY. Yang kita bangun ini kan bukan lapangan golf, bukan apartemen, tetapi bandara yang memang saat ini sangat mendesak untuk Yogyakarta," jelas Faik Fahmi.

Dijelaskan, pembangunan NYIA akan dilakukan sesuai dengan rencana yang sudah dilakukan. Faik optimis tahapan pembangunan NYIA bisa diselesaikan tepat waktu, sehingga pada April 2019 nanti sudah bisa mulai dioperasikan secara terbatas.

"Targetnya kan April 2019 sudah bisa bisa dioperasikan secara terbatas. Adapun pembangunan runway ditargetkan selesai lebih dahulu pada Desember 2018 atau Januari 2019," tambahnya.(Ira/Ria)

 

BERITA REKOMENDASI