Koramil Ngampilan Laksanakan Program Jambanisasi

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Kodim 0734 Yogyakarta menggalakkan program pembangunan jamban di rumah-rumah warga. Dalam program tersebut satu tahun setidaknya masing-masing koramil membangun enam jamban di rumah-rumah warga yang selam ini belum memiliki jamban sehat.

Danramil 13 Ngampilan, Lettu (Inf) Makkasau menegaskan perintah tersebut mewajibkan jajaran di tingkat koramil untuk mencari warga yang di rumahnya belum memiliki jamban. Setelah dilaporkan dari Kodim segera mengirimkan seluruh keperluan yang dibutuhkan dan pengerjaanya dilaksanakan oleh prajurit di tingkat Koramil.

"Pembuatan jamban tersebar di tiap-tiap kelurahan. Sebelumnya terlebih dahulu didata oleh para Babinsa sehingga tepat sasaran bagi masyarakat khususnya kurang mampu dan di rumahnya belum tersedia jamban," ungkapnya.

Makkasau menambahkan untuk wilayah Ngampilan telah ada tiga lokasi yang menjadi sasaran pembangunan yakni di kediaman Sapto Nugroho, Edi Suryana serta Argo Isnanto. Selama ini ketiga warga tersebut tak memiliki jamban dan memanfaatkan jamban di WC umum kampung setempat.

"Semoga jamban ini bisa memperbaiki kesehatan di lingkungan warga di Kelurahan Ngampilan, juga untuk menjaga silaturahmi dengan anggota Koramil. Dengan itu dapat terjali komunikasi sosial terus meneruus," kata Makkasau.

Menurut Makkasau kegiatan jambanisasi ini gratis bagi masyarakat miskin dan kurang mampu. Ini merupakan bentuk kepedulian satuan Koramil Ngampilan dan Kodim Yogyakarta untuk berada bersama rakyat. (*)

BERITA REKOMENDASI