Kota Yogya Sisakan Satu Kalurahan Zona Orange

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Status di Kota Yogya berdasarkan kelurahan saat ini juga menunjukkan kondisi baik. Dari total 45 kalurahan, hampir semuanya sudah berstatus kuning. Hanya tersisa satu kelurahan yang masih berstatus zona oranye yakni Kelurahan Pakuncen.

Selain itu pertumbuhan kasus juga cukup rendah. Jika sebelumnya di bawah 10 kasus per hari, kini sudah di bawah lima kasus baru per hari. Total kasus aktif yang menjalani perawatan juga sekitar 100 kasus, sedangkan untuk kapasitas ratarata bed rumah sakit khusus Covid19 berada di kisaran 8,3 persen.

Kemudian kapasitas tempat isolasi terpadu juga hanya 6,43 persen. Sehingga jika dilihat dari perkembangan kasus tersebut maka Kota Yogya sebenarnya masuk kategori PPKM level dua. Hanya, karena masuk wilayah aglomerasi dan masih ada kabupaten yang berstatus level tiga maka Kota Yogya turut menyesuaikan.

“Intinya jangan sampai kita menjadi abai menerapkan protokol kesehatan meski kasus sudah tergolong rendah,” kata Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, Minggu (17/10/2021).

Sejauh ini Kota Yogya juga belum akan menonaktifkan shelter isolasi terpadu di Tegalrejo dan Gemawang di tengah sepinya pasien Covid-19. Khusus di Shelter Gemawang yang sudah tidak ditempati pasien, tetap dijaga oleh petugas. Sehingga jika sewaktu-waktu terjadi lonjakan kasus, Kota Yogya tidak kesulitan mencari lokasi isolasi. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI