Kotak Hitam Heli MI 17 Dibaca di Rusia

SLEMAN,KRJOGJA.com – Kotak hitam (blackbox) helikopter MI 17 milik TNI Angkatan Darat yang jatuh di Kawasan Industri Kendal Sabtu (6/6/2020) kemarin bakal dibawa ke Rusia. Hal ini dilakukan untuk mengetahui penyebab kecelakaan yang menewaskan 4 anggota TNI tersebut.

Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso, Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Darat mengatakan kotak hitam helikopter sudah dievakuasi sejak pasca kecelakaan. Komponen di dalam kotak hitam berupa Voice Cocpit Recorder (VCR) yang merekam suara saat kejadian akan dibaca untuk mengetahui penyebab kecelakaan.

“Saat ini ada heli yang sedang diperbaiki, kita akan minta teknisi dari sana (Rusia) sekaligus membawa alat itu. Itu salah satu yang akan kita baca untuk investigasi,” ungkap Teguh Minggu (7/6/2020).

Sebelum terbang, Teguh menegaskan sudah dilakukan daily check untuk memastikan helikopter tersebut laik jalan. Di sesi latihan pertama Heli tersebut diketahui terbang tanpa masalah namun ternyata kecelakaan di fase latihan terbang kedua.

Insiden kecelakaan helikopter di Kendal menewaskan empat anggota TNI Angkatan Darat. Lima lainnya mengalami luka-luka dan masih dirawat sampai saat ini. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI