Kotak Indah Sepenuh Hati dari Balik Jeruji Besi Wirogunan

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Indonesia memperingati Hari Pemasyarakatan, Selasa (27/4/2021). Seluruh Lembaga Pemasyarakatan se-Indonesia pun menggelar upacara secara daring dari lokasi masing-masing.

Namun begitu, ada hal menarik yang tampak di LP Kelas II A Yogyakarta hari ini. Beberapa warga binaan berkreasi, membuat karya-karya menarik dari balik tembok besar dan ‘jeruji besi’ lapas yang berada di Jalan Tamansiswa Yogyakarta itu.

Sebuah meja panjang terlihat di ruangan kriya lapas tersebut. Beberapa pria dengan kaos oranye tampak sibuk, ada yang membubuhkan lem, melipat membentuk pola dan memotong kertas-kertas beraneka warna.

Mereka merupakan warga binaan yang sudah menjalani sepertiga masa hukuman di lapas itu yang mengerjakan kreasi box pesanan Margaria Grup, salah satu gerai batik dan pakaian terkemuka di Yogyakarta. Margaria menjadi satu-satunya gerai inklusif yang bersedia membeli box hasil karya warga binaan di LP Wirogunan.

Setiap pukul 08.00 hingga 12.00 WIB, para warga binaan akan beraktivitas di ruangan kegiatan kerja. Mereka mengerjakan box yang dipesan dari pihak ketiga, mengasah minat untuk bekal mandiri ketika selesai menjalani masa introspeksi di dalam.

Dalam satu hari, para warga binaan yang sebelumnya menjalani proses seleksi minat karya ini berupaya mengejar 50 buah box pesanan.

Wachid Kurniawan Budi Santosa, Kasi Kegiatan Kerja LP Kelas II A Yogyakarta, ketika berbincang dengan KRjogja.com menceritakan bawasanya ada beberapa minat karya yang bisa dilakukan warga binaan.

BERITA REKOMENDASI