Kotoran Ternak Kurban Diolah jadi Pupuk

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – Ada hal unik dibalik proses penyembelihan hewan kurban di Masjid Gede Kauman Yogyakarta, Senin (12/09/2016). Jika biasanya saat penyembelihan kurban warga hanya mengambil daging dan membuang kotorannya, namun para pengurus Masjid Gede ini memanfaatkan sisa pembuangan ternak untuk dijadikan pupuk kompos. Kotoran yang terbuang justru dikumpulkan dan disimpan untuk nantinya diolah kembali menjadi pupuk.

Seperti dikatakan salah seoran petugas pemotong hewan kurban di masjid setempat, Banuri (68). Pria yang akrab disapa Mbah Banuri ini dengan menggunakan pisaunya segera merobek organ dalam sapi yang berisi kotoran. Tanpa ragu ia merogoh kantong jeroan sapi tersebut dan mengeluarkan isi di dalamnya. "Saya sudah biasa membersihkan seperti ini, namanya juga tugas," ujarnya kakek ini disela proses penyembelihan hewan korban.

Diungkapkannya, bersama dua orang petugas lainnya ia memang mendapat tugas untuk membersihkan organ dalam ternak. Selain itu juga ditugasi untuk tak membuang kotoran ternak kurban karena nantinya akan dijadikan pupuk kompos.

Setelah merobek jeroan sapi, kotoran ternak dikeluarkan dan disimpan ke sebuah lubang penampungan. Setalah beberapa bulan nantinya kotoran ini akan diambil lagi saat telah mengering untuk nantinya akan disalurkan kepada kelompok-kelompok tani yang membutuhkan. (MG-04)

BERITA REKOMENDASI