KPK Gandeng UAJY Sosialisasikan Pemilu dan Pemberantasan Korupsi

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Perpustakaan Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) bekerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyelenggarakan kegiatan Sarasehan Pustaka bertajuk “Pemilu dan Pemberantasan Korupsi” di Auditorium Kampus IV Gedung Teresa UAJY pada Kamis, (12/9) silam.

 

Kegiatan Sarasehan Pustaka tersebut merupakan salah satu rangkaian dari acara Dies Natalis UAJY dengan mengundang secara langsung Ketua KPK, Agus Rahardjo, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, Mada Sukmajati selaku Dosen UGM & Penulis, B Hestu Cipto Handoyo selaku Dosen FH UAJY dan Suryo Adi Pramono, Dosen FISIP UAJY.

Rektor UAJY, Prof Ir Yoyong Arfiadi M Eng Ph D menyampaikan bahwa memberantas korupsi bukan hanya menjadi tanggung jawab KPK saja, melainkan tanggung jawab kita semua sebagai elemen bangsa serta sikap koruptif bukanlah cerminan UAJY.

Dalam kesempatan kali ini, hal senada juga disampaikan oleh Ketua KPK, Agus Rahardjo. Ia memberikan wejangan dan penjelasan secara singkat mengenai kinerja di KPK. “Tinggalkan sistem yang baik kepada anak cucu kita agar nantinya mereka mampu bersaing dengan negara-negara lain,” ungkap Agus.

Di sisi lain, gelaran Sarasehan Pustaka ini juga tak kalah menariknya, selain pembahasan oleh Ketua KPK secara langsung, sesi diskusi berikutnya membahas tentang pemilu di Indonesia dengan para nara sumber ternama, salah satunya Burhanuddin Muhtadi.


Para nara sumber saat memberikan diskusi Pemilu dan Pemberantasan Korupsi. Foto: Humas UAJY

Burhanuddin berpesan dalam diskusinya, mampu membawa generasi-generasi muda nantinya agar lebih paham mengenai persoalan metodologi jalannya pemilu, sehingga tidak ada lagi yang melakukan golput dan tidak menerima uang dalam bentuk suap. “Semoga generasi mendatang juga melek akan regulasi yang ada di Indonesia mengenai pemilu,” katanya.

Sarasehan tersebut diikuti oleh lebih kurang 310 orang. Tak hanya sarasehan saja, melainkan dalam kesempatan tersebut juga ada pemberian hadiah secara simbolis kepada pemenang lomba resensi buku KPK Corner oleh Ketua KPK. (C-2)

 

 

BERITA REKOMENDASI