KPK Gelar Pelatihan ‘Saya Perempuan Anti Korupsi’

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – KPK menggelar pelatihan agen gerakan ‘Saya Perempuan Anti Korupsi’ (SPAK) yang diikuti oleh 50 polwan dari Polda DIY dan 20 jaksa perempuan dari Kejaksaan Tinggi DIY di Hotel Phoenix Yogyakarta, Selasa (13/06/2017). Melalui gerakan ini diharapkan kerjasama antar aparat penegak hukum akan semakin kuat.

Gerakan SPAK sendiri telah mulai dilakukan sejak tahun 2014 dari Aceh hingga Papua Barat. “Saya dulu tidak dapat membayangkan gerakan SPAK akan mendapat dukungan sebanyak ini. Ini bisa terjadi karena anda semua dan pemimpin anda. Karena semua percaya bahwa perubahan dapat terjadi melalui aksi positif, “ ujar Team Leader Australia Indonesia Partnership for Justice, Craig Ewers.

Melalui pelatihan ini akan disampaikan materi tentang gratifikasi, tindak pencucian uang dan cara menjadi fasilitator anti korupsi. Pada pelatihan sebelumnya di Kota Makassar, para polwan yang menjadi agen SPAK telah melakukan sosialisasi kepada 10.820 orang dalam waktu 3 bulan.

“Perempuan punya waktu cukup panjang untuk mendidik anak. Aktif dalam kegiatan sosial juga seperti pengajian, pertemuan orangtua, arisan dan lain-lain. Fakta sosiopsikologis ini jadi dasar kenapa peran perempuan jadi sentral dan strategis,” ujar Gubernur DIY, Sri Sultan HB X yang juga turut hadir bersama Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan. (MG-19)

KPK

BERITA REKOMENDASI